Mohon tunggu...
rangga putra
rangga putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - freelance

belum punya bio

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Pandemi Covid019 terhadap Proses Pembelajaran Peserta Didik

24 Oktober 2022   01:54 Diperbarui: 24 Oktober 2022   02:32 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ABSTRAK

Dengan munculnya pandemi covid-19, terdapat beberapa dampak atau pengaruh yang menimbulkan adanya perubahan sosial, termasuk dalam pendidikan dan proses pembelajaran. Pada hakikatnya, pembelajaran adalah suatu metode belajar atau interaksi antara pendidik dan peserta didik di sebuah lingkungan belajar. Akan tetapi, dengan adanya pandemi covid-19, proses pembelajaran mengalami berbagai perubahan, mulai dari pembelajaran luring hingga pembelajaran daring. Selanjutnya, terdapat kebijakan dari Pemerintah, yaitu melakukan pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Dampak pandemi covid-19 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses pembelajaran peserta didik, sehingga peserta didik diharuskan untuk menata perubahan dan beradaptasi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak-dampak dan perubahan-perubahan akibat pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran peserta didik. Penelitian disusun melalui kajian studi pustaka dengan membaca buku-buku dan jurnal-jurnal yang relevan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian, yakni teori Talcott Parsons dalam skema AGIL atau Adaptation, Goal attainment, Integration, dan Latency.

Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Perubahan Sosial, Proses Pembelajaran, Dampak Pandemi, Teori Talcott Parsons

PENDAHULUAN

Pada akhir tahun 2019, seluruh dunia digemparkan oleh keberadaan virus varian baru. Corona virus disease 2019 atau yang dikenal sebagai covid-19 merupakan suatu varian virus atau penyakit menular yang ditemukan dan berasal dari kota Wuhan, China, dimana penderita covid-19 akan dapat mengalami demam, batuk kering, serta kesulitan bernapas. Namun, virus corona atau covid-19 belum ditemukan penyebabnya secara pasti, tetapi diketahui bahwa penyebarannya disebabkan oleh binatang atau hewan.

Pandemi covid-19 adalah salah satu krisis terbesar dalam dunia. Tidak perlu waktu lama, covid-19 bisa menimbulkan banyak korban dan sudah merenggut ribuan nyawa atau kasus kematian. Bukan hanya di China, melainkan di berbagai negara di dunia, seperti Italia, Iran, Korea Selatan, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Jerman, dan negara lainnya, termasuk Indonesia (Amalia dan Sa'adah, 2020).

Dengan adanya penyebaran dan pandemi covid-19, telah mengakibatkan berbagai dampak atau pengaruh perubahan sosial yang ditimbulkan, misalnya seperti di bidang pendidikan. Menurut Talcott Parsons, konsep perubahan sosial bersifat atau bergerak secara perlahan-lahan dan selalu berusaha untuk menyesuaikan agar terciptanya keseimbangan (equilibrium). Dengan kata lain, perubahan yang dimaksudkan oleh Parsons ini adalah perubahan yang bersifat evolusioner dan bukan revolusioner atau secara cepat (Arjunata, Kardi, Pratama, dan Kurniawan, 2021).

Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait dampak pandemi covid-19, diantaranya yaitu penutupan sekolah-sekolah, larangan keluar rumah, dan lain-lain. Kebijakan Pemerintah itu tentunya bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Akan tetapi, dampak dari pandemi covid-19 menjadikan aktivitas proses pembelajaran terganggu atau terhambat. Dengan dilakukannya penutupan sekolah-sekolah dan larangan keluar rumah, maka Pemerintah mengambil langkah perubahan agar proses pembelajaran tetap berlanjut atau tidak tertinggal dan peserta didik masih menerima hak untuk mendapatkan ilmu.

Jika melihat pemaparan mengenai dampak atau pengaruh pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran, terdapat beberapa permasalahan bagi para peserta didik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh relevansi dari dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran peserta didik. Penelitian disusun melalui kajian studi pustaka literatur dengan membaca buku-buku, jurnal-jurnal, serta artikel yang relevan.

BAGIAN (TEMUAN DAN ANALISIS)

Pengertian Perubahan Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun