Corner of Randomness
Corner of Randomness

Seorang mahasiswa ilmu gizi dengan blog bertema tumbuhan dan bahan makanan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Agar Usia Biologis Tubuh Anda Tetap Muda

13 Februari 2018   21:26 Diperbarui: 14 Februari 2018   13:37 746 2 2
Agar Usia Biologis Tubuh Anda Tetap Muda
Angela sedang mencoba tes "Sit To Rise" Sumber : Screenshot BBC Earth

Tahukah Anda jika setiap orang memiliki dua macam usia?


Yang pertama atau yang lebih dikenal dalam sehari-hari adalah usia kronologis, yaitu umur dalam hitungan tahun sejak orang tersebut lahir contohnya seperti yang tertulis pada kartu identitas.

Yang kedua adalah usia biologis yang mengukur berapa cepat tubuh seseorang menua dibandingkan dengan rata-rata orang lain dengan umur yang sama.

Usia kronologis dan usia biologis yang dimiliki seseorang dapat berbeda, umumnya dikarenakan oleh kondisi orang tersebut dan gaya hidup yang dijalaninya. Stress, pola tidur, pola makan, dan aktivitas fisik semuanya mempengaruhi usia biologis seseorang.

Meski metode yang digunakan untuk mengukur usia biologis seseorang masih menghasilkan perkiraan yang kasar, usia biologis dapat digunakan untuk mengetahui kesehatan tubuh seseorang. Tanpa mengikuti tes sekalipun, sebenarnya perbedaan antara usia kronologis dan usia biologis seseorang dapat dilihat atau dirasakan pada sehari-hari.

Misalnya saja, seseorang yang berumur 40 tahun dapat mengikuti aktivitas fisik berat tanpa kelelahan, sedangkan orang lain yang baru berumur 25 tahun sudah cepat lelah dalam menjalani aktivitas yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa usia biologis seseorang dapat berbeda jauh dengan usia kronologis, baik kurang maupun lebih.

Bisakah Usia Biologis Awet Muda?


Jika demikian, dapatkah seseorang membuat usia biologis mereka agar mendekati  usia kronologis atau bahkan lebih muda ? Dalam artikel berikut ini, Anda dapat mengetahui cara-cara agar usia biologis tubuh anda tetap muda.

Sebelumnya, saya akan ceritakan sedikit hal-hal yang saya dapat saat menyaksikan serial pertama dari acara televisi How to Stay Young yang ditayangkan di stasiun televisi BBC ONE (Atau BBC Earth di Indonesia). Di acara itu, Angela Rippon dan Dr Chris van Tulleken mencoba menemukan hal-hal yang dapat kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan, bahkan mulai dari usia 30-an.

Secara ringkas, berikut yang kita dapat pelajari dari serial tersebut.


1. Test "Sit to Rise"

Ada tes ilmiah mudah yang dapat mengungkapkan apakah Anda akan menjalani kehidupan yang panjang

Dalam tes 'sit to rise' Anda harus mencoba duduk di tanah tanpa menggunakan tangan, lengan atau lutut Anda, dan berdiri lagi dengan cara yang sama.

Saat anda bisa melakukan, anda dapat sepuluh poin dan kehilangan satu poin setiap kali anda menggunakan tangan atau lutut, atau setengah poin jika Anda goyah.

Jika Anda mencetak 8-10, Anda akan menjalani hidup sehat yang panjang.

Jika Anda mencetak 6-7,5 Anda memiliki kesempatan dua kali lebih tinggi untuk memiliki kehidupan yang lebih pendek, dan seterusnya.

Tapi skor yang rendah bisa diperbaiki jika Anda melakukan latihan fisik lebih banyak.


2. Merokok, stres dan berat tubuh berperan besar dalam penuaan

Chris dan kembarannya Xand Sumber : Screenshot BBCEarth
Chris dan kembarannya Xand Sumber : Screenshot BBCEarth

Tes revolusioner tentang kembar identik dengan gaya hidup yang sama sekali berbeda menunjukkan bagaimana cara orang hidup membuat perbedaan besar pada usia biologis kita.

Dr Chris, 36 tahun, yang menjalani kehidupan yang penuh tekanan, tahu bahwa dia berusia lima tahun lebih tua dari usia kronologisnya. Kembar identiknya,  Xand juga lima tahun lebih tua, mungkin karena dia sering kelebihan berat badan.

Tapi Yoga, meditasi, olahraga dan 'me time' membantu mengurangi stres.

Jadi menurunkan tingkat stres Anda memiliki efek yang sangat besar pada kesehatan Anda.


3. Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks lebih tinggi bisa membantu mengurangi lemak dalam tubuh


Sumber : Screenshot/BBC Earth
Sumber : Screenshot/BBC Earth

Angela, seorang sukarelawan percobaan,berusia 71 th. Hasil MRI-nya menunjukkan organ tubuhnya telah tua dan didapati bahwa ia memiliki sejumlah besar lemak viseral di sekitar jantungnya - empat liter lebih banyak daripada orang yang sehat.

Karbohidrat Kompleks bisa ditemukan pada kacang-kacangan seperti kacang lentil dan kacang polong atau bentuk konsentrat yang bisa ditambahkan pada makanan.


4. Tidak makan daging merupakan salah satu rahasia yang dapat memperlamban penuaan

Ellsworth terlihat segar pada usia 100 thSumber : Screenshot BBC Earth
Ellsworth terlihat segar pada usia 100 thSumber : Screenshot BBC Earth

Sebuah studi tentang populasi kota Loma Linda, California (di mana vegetarisme sangat populer) menemukan bahwa jumlah kematian kaum vegetarian secara keseluruhan lebih sedikit 25% dibandingkan dengan kaum pemakan daging.  Kaum non vegetarian ini setengahnya cenderung terkena penyakit jantung.

Di tayangan itu, peneliti bertemu Ellsworth Wareham yang berusia 100 tahun yang menjadi ahli bedah sampai usia 95 tahun. Dia telah menjadi vegetarian selama 50 tahun dan tinggal di Loma Linda.

Ternyata protein hewani merangsang hormon yang kita semua butuhkan untuk pertumbuhan tapi seiring bertambahnya usia, terutama di usia paruh baya, hormon yang sama ini justru mempercepat penuaan.

Anda mungkin tidak harus menjadi vegetarian sepenuhnya untuk merasakan manfaatnya, cukup mengurangi jumlah daging yang kita makan, itu sudah bisa membantu. Dan kacang-kacangan, terutama kenari, bisa melindungi kita dari serangan jantung.


5. Membangun otot sangat penting seiring bertambahnya usia. Dan nge-dance lebih efektif daripada kardio di gym

Otot (Merah) dibandingkan dengan lemak pada paha orang berumur 80 tahun Sumber : Screenshot BBC Earth
Otot (Merah) dibandingkan dengan lemak pada paha orang berumur 80 tahun Sumber : Screenshot BBC Earth

Seiring bertambahnya usia, otot kita merosot - dari usia 30-an - dan seiring bertambahnya usia, kita perlu melakukan upaya ekstra untuk membangun massa otot.

Sebuah penelitian terhadap dua kelompok selama enam bulan menemukan bahwa menari ternyata jauh lebih efektif daripada olahraga kardio.


6. Memiliki peliharaan bisa membantu menurunkan stres dan memperbaiki tekanan darah

Kantor yang memperbolehkan membawa anjing saat kerja untuk mengurangi stress Sumber : Screenshot BBC Earth
Kantor yang memperbolehkan membawa anjing saat kerja untuk mengurangi stress Sumber : Screenshot BBC Earth

Sebuah tes aritmatika mental yang dirancang untuk mengukur tingkat stress orang dilakukan. Pada tes kedua, peserta boleh membawa anjing mereka di ruangan itu. Ternyata tekanan darah mereka menjadi lebih rendah.

Agar Otak Tetap Awet Muda


Selain menjaga tubuh secara keseluruhan agar tetap awet muda, perlu pula bagi kita untuk menjaga fungsi otak. Seiring bertambahnya usia, setiap otak akan berubah, diikuti berubahnya pula fungsi mental. Penurunan mental sering terjadi, dan ini adalah salah satu konsekuensi penuaan yang paling ditakuti.

Namun demikian, gangguan kognitif sebenarnya dapat dihindari. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga fungsi otak.

1. Dapatkan stimulasi mental


Melalui penelitian pada  tikus dan manusia, para ilmuwan telah menemukan bahwa aktivitas otak merangsang hubungan baru antara sel saraf dan bahkan dapat membantu otak menghasilkan sel baru, mengembangkan "kelenturan" neurologis dan membangun cadangan fungsional yang memberi perlindungan terhadap kerusakan sel di masa depan.

Setiap aktivitas merangsang mental harus dapat membantu membangun otak Anda. Contohnya membaca, mengambil kursus, "senam mental," seperti teka-teki kata atau masalah matematika, juga percobaan dengan hal-hal yang membutuhkan ketangkasan manual dan juga usaha mental, seperti menggambar, melukis, dan kerajinan lainnya.

Mempelajari hal-hal yang baru keterampilan, hobi, atau olahraga baru, terus meningkatkan pengetahuan baru, menempatkan diri Anda dalam situasi sosial baru, dan melakukan perjalanan ke lokasi baru juga membantu otak tetap sehat dengan mendorongnya melampaui zona nyamannya. Bahkan hal-hal sederhana seperti mengambil rute baru ke tempat yang sudah tidak asing lagi, tidur di sisi tempat tidur yang berbeda, atau menyikat gigi dengan tangan lain akan memberi otak Anda sedikit latihan.

2. Lakukan latihan fisik


Sama seperti pada jantung Anda, berolahraga adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk otak Anda. Olahraga meningkatkan aliran darah beroksigen ke otak dan mendorong terbentuknya neuron baru. Sebuah studi di University of Illinois menemukan bahwa hanya dengan 40 menit berjalan per minggu selama enam bulan dapt meningkatkan ingatan dan penalaran peserta.

Penelitian lain pada hewan menunjukkan bahwa menggunakan otot Anda juga membantu pikiran Anda. Tubuh yang berolahraga secara teratur akan meningkatkan jumlah pembuluh darah kapiler yang membawa darah kaya oksigen ke daerah otak yang bertanggung jawab untuk berpikir.

Olahraga juga memacu perkembangan sel saraf baru dan meningkatkan hubungan antara sel otak (sinaps). Hal ini berimbas pada otak yang lebih efisien, elastik, dan adaptif, yang akhirnya turut berperan dalam kinerja masa tua yang baik. Olahraga juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol, membantu keseimbangan gula darah, dan mengurangi tekanan mental.

3. Aturlah pola makan yang sehat


Mengonsumsi banyak sayuran hijau, buah berwarna gelap, terutama beri, dan sayuran lainnya akan memberi otak antioksidan dan vitamin serta mineral yang dibutuhkannya.

Ikan, kacang-kacangan, dan daging sapi pakan rumput yang dikonsumsi secara teratur dan sering akan memberi otak Anda protein dan lemak baik yang dibutuhkannya agar berfungsi optimal. Karena otak Anda terdiri dari sekitar 70% lemak, tentunya ia juga akan membutuhkan lemak yang cukup. Selain itu, suplemen dapat membantu dalam memastikan otak Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Pola makan yang baik dapat memastikan tubuh Anda mendapat nutrisi yang dibutuhkannya. Misalnya, pola makan Mediterrania yang menekankan buah, sayuran, ikan, kacang-kacangan, minyak tak jenuh (minyak zaitun), dan sumber protein tanaman akan mencegah kerusakan kognitif dan demensia.

Sama pentingnya dengan makanan, air sangat dibutuhkan otak Anda untuk bekerja dengan baik dan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Air membentuk 83% darah Anda dan merupakan sistem transportasi ke otak, membuat pengiriman nutrisi yang dibutuhkan dan membuang racun.

4. Perbaiki tekanan darah Anda


Tekanan darah tinggi pada usia paruh baya akan meningkatkan risiko penurunan kognitif di usia senja. Ubahlah gaya hidup Anda untuk menjaga tekanan darah. Pertahankan berat badan ideal, berolahraga teratur, kurangi stres, dan makanlah dengan benar.

5. Perbaiki gula darah anda


Diabetes merupakan faktor risiko yang berpengaruh bagi demensia. Anda dapat membantu mencegah diabetes dengan makan dengan benar, dan berolahraga secara teratur. Tetapi jika gula darah Anda tetap tinggi, Anda memerlukan obat untuk mencapai tingkat yang baik.

6. Perbaiki kolesterol Anda


Kolesterol LDL ("buruk") yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia. Diet, olahraga, pengendalian berat badan, dan pencegahan tembakau akan menurunkan tingkat kolesterol Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak bantuan, tanyakan kepada dokter Anda tentang pengobatan.

7. Jangan menyalahgunakan alkohol


Minum berlebihan merupakan faktor risiko utama demensia. Jika Anda memilih untuk minum, batasi diri Anda untuk dua minuman sehari.

8. Pedulilah pada emosi anda


Orang yang cemas, tertekan, kurang tidur, atau kelelahan cenderung mendapat nilai buruk pada tes fungsi kognitif. Meski nilai buruk tidak selalu berarti meningkatnya risiko penurunan kognitif di usia tua, kesehatan mental dan tidur yang nyenyak akan tetap membantu menurunkan tingkat stress Anda dan meningkatkan fungsi otak Anda.

9. Jalinlah hubungan sosial yang baik


Hubungan sosial yang kuat dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah, serta tekanan darah rendah dan harapan hidup lebih lama.

Sumber :