Corner of Randomness
Corner of Randomness

Seorang mahasiswa ilmu gizi dengan blog bertema tumbuhan dan bahan makanan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Agar Usia Biologis Tubuh Anda Tetap Muda

13 Februari 2018   21:26 Diperbarui: 14 Februari 2018   13:37 3003 2 2
Agar Usia Biologis Tubuh Anda Tetap Muda
Angela sedang mencoba tes "Sit To Rise" Sumber : Screenshot BBC Earth

Tahukah Anda jika setiap orang memiliki dua macam usia?

Yang pertama atau yang lebih dikenal dalam sehari-hari adalah usia kronologis, yaitu umur dalam hitungan tahun sejak orang tersebut lahir contohnya seperti yang tertulis pada kartu identitas.

Yang kedua adalah usia biologis yang mengukur berapa cepat tubuh seseorang menua dibandingkan dengan rata-rata orang lain dengan umur yang sama.

Usia kronologis dan usia biologis yang dimiliki seseorang dapat berbeda, umumnya dikarenakan oleh kondisi orang tersebut dan gaya hidup yang dijalaninya. Stress, pola tidur, pola makan, dan aktivitas fisik semuanya mempengaruhi usia biologis seseorang.

Meski metode yang digunakan untuk mengukur usia biologis seseorang masih menghasilkan perkiraan yang kasar, usia biologis dapat digunakan untuk mengetahui kesehatan tubuh seseorang. Tanpa mengikuti tes sekalipun, sebenarnya perbedaan antara usia kronologis dan usia biologis seseorang dapat dilihat atau dirasakan pada sehari-hari.

Misalnya saja, seseorang yang berumur 40 tahun dapat mengikuti aktivitas fisik berat tanpa kelelahan, sedangkan orang lain yang baru berumur 25 tahun sudah cepat lelah dalam menjalani aktivitas yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa usia biologis seseorang dapat berbeda jauh dengan usia kronologis, baik kurang maupun lebih.

Bisakah Usia Biologis Awet Muda?

Jika demikian, dapatkah seseorang membuat usia biologis mereka agar mendekati  usia kronologis atau bahkan lebih muda ? Dalam artikel berikut ini, Anda dapat mengetahui cara-cara agar usia biologis tubuh anda tetap muda.

Sebelumnya, saya akan ceritakan sedikit hal-hal yang saya dapat saat menyaksikan serial pertama dari acara televisi How to Stay Young yang ditayangkan di stasiun televisi BBC ONE (Atau BBC Earth di Indonesia). Di acara itu, Angela Rippon dan Dr Chris van Tulleken mencoba menemukan hal-hal yang dapat kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan, bahkan mulai dari usia 30-an.

Secara ringkas, berikut yang kita dapat pelajari dari serial tersebut.

1. Test "Sit to Rise"

Ada tes ilmiah mudah yang dapat mengungkapkan apakah Anda akan menjalani kehidupan yang panjang

Dalam tes 'sit to rise' Anda harus mencoba duduk di tanah tanpa menggunakan tangan, lengan atau lutut Anda, dan berdiri lagi dengan cara yang sama.

Saat anda bisa melakukan, anda dapat sepuluh poin dan kehilangan satu poin setiap kali anda menggunakan tangan atau lutut, atau setengah poin jika Anda goyah.

Jika Anda mencetak 8-10, Anda akan menjalani hidup sehat yang panjang.

Jika Anda mencetak 6-7,5 Anda memiliki kesempatan dua kali lebih tinggi untuk memiliki kehidupan yang lebih pendek, dan seterusnya.

Tapi skor yang rendah bisa diperbaiki jika Anda melakukan latihan fisik lebih banyak.

2. Merokok, stres dan berat tubuh berperan besar dalam penuaan

Chris dan kembarannya Xand Sumber : Screenshot BBCEarth
Chris dan kembarannya Xand Sumber : Screenshot BBCEarth

Tes revolusioner tentang kembar identik dengan gaya hidup yang sama sekali berbeda menunjukkan bagaimana cara orang hidup membuat perbedaan besar pada usia biologis kita.

Dr Chris, 36 tahun, yang menjalani kehidupan yang penuh tekanan, tahu bahwa dia berusia lima tahun lebih tua dari usia kronologisnya. Kembar identiknya,  Xand juga lima tahun lebih tua, mungkin karena dia sering kelebihan berat badan.

Tapi Yoga, meditasi, olahraga dan 'me time' membantu mengurangi stres.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3