Mohon tunggu...
Muhamad Ramdhani Suherman
Muhamad Ramdhani Suherman Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN di Tengah Pandemi

26 Juli 2021   13:03 Diperbarui: 26 Juli 2021   13:51 36 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN di Tengah Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KKN DI TENGAH PANDEMI COVID -- 19

Pandemi COVID-19 ini masih berlangsung sampai dengat saat ini, bahkan pandemi ini semakin memburuk tepatnya di bulan juli 2021 ini. Pemerintah mengeluarkan surat edaran PPKM yang belangsung selama 17 hari dimulai tanggal 3 -- 20 Juli 2021 untuk menekan angka positif covid-19. 

Namun adanya PPKM ini tidak menghilangkan semangat para mahasiswa UPI untuk melakukan KKN.KKN Tematik UPI 2021ini mengusung tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Bidang Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemic Covid-19". yang diselenggarakan dengan dua gelombang. 

Untuk gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 1 Juli -- 31 Juli 2021 dan untuk gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus -- 31 Agustus 2021. Dengan adanya PPKM ini KKN Tematik UPI ini dilakukan secara daring dan sebagai salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN gelombang pertama ini saya memilih melakukan KKN melalui bidang pendidikan yang di selenggarakan di SMP Mathla'ul Anwar Margahayu dengan sasaran program kegiatannya 2 guru, 10 siswa, 10 orang tua siswa dan masyarakat. Berikut merupakan program kegiatan yang dilakukan :

  • Penguatan pembelajaran daring
  • Pendampingan pembelajaran daring siswa
  • Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring
  • Membuat dan mendesain media pembelajaran daring
  • Membantu administrasi sekolah
  • Membuat video edukasi mengenai dampak covid-19 di bidang pendidikan

Untuk dapat membantu pihak sekolah ini saya awalnya melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada kepala sekolah lalu meminta izin untuk melakukan beberapa program kegiatan di sekolah. Lalu setelah itu saya di arahkan untuk membantu 2 guru mata pelajaran yaitu mata pelajaran Matematika dan Bahasa Sunda. 

Untuk melakukan penguatan pembelajaran secara daring ini saya membuatkan power point agar memudahkan guru dalam menyampaikan materi juga saya pun membuatkan video pembelajaran serta saya pun mengedukasi bagaimana cara memanfaatkan fasilitas google classroom serta google meet. 

Saya juga melakukan pendampingan pembelajaran daring sisaw dan pendampingan orang tua melalui Whatsapp group melakukan diskusi mengenai sulitnya pemebelajaran selama pandemic serta saya pun  mengedukasi mengenai COVID-19. 

Setelah membantu dalam penguatan pembelajaran secara daring dan Membuat dan mendesain media pembelajaran daring, saya membantu guru dan sekolah dalam administrasinya seperti menulis dan merekap absen lalu membantu pendaftaran dan pendataan siswa baru dalam program PPDB sekolah tersebut.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan penuh dan diharapkan dengan adanya kegiatan KKN Tematik UPI 2021 yang dilakukan secara daring ini akan dapat membantu banyak sekolah khususnya para guru. Program kegiatan ini dilakukan untuk membantu pihak sekolah dalam memaksimalkan kegiatan belajar mengajar secara daring, karena Pendidikan ini sebagai pondasi utama untuk membangun suatau bangsa. 

Oleh karena itu semoga dengan adanya program ini dapan membantu mengkondusifkan serta mengefektifkan pembelajaran secara daring.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN