Mohon tunggu...
Otomotif

Ini Dia Sejarah Asal Muasal Terciptanya Ban

31 Desember 2016   10:38 Diperbarui: 31 Desember 2016   11:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Masgan pastinya sudah tidak pelu ditanya lagi bukan mengenai soal ban ?? tapi jika ditanya soal sejarah ban apakah anda sudah tau, sebagian orang pastinya sudah hafal dengan sejarahnya namun tidak sedikit juga orang yang tidak tau tentang asal muasal  ban ini. Nah kali ini ane mau sedikit curhat gaes tentang sejarah asal usul roda karet ini, baik itu Ban Mobil maupun Ban Motor semuanya sama ya gaes. Oke langsung saja...

Sebelum tahun 1845 Awalnya ban masih belum berisi angin namun pada jaman tersebut ban ini hanya terbuat dari karet padat. Bayangkan gaes, jika jaman serba modern seperti sekarang pake ban jenis ini pastinya membuat kendaraan kita jadi enggak nyaman karena karet padat enggak bisa ikut meredam goncangan jalan, bukan hanya mobil dan motor kita aja yang akan ikut rusak tapi ane jamin, pasti pantat kita juga ikut-ikutan sengklek masgan.

Nah setelah itu mungkin kira-kirannya dipertengah tahun, RW Thompson sang penemu ban pneumatik, mematenkan idenya berupa ban berisi angin. Dia merancang ban berisi pipa-pipa karet kecil yang diisi angin, lalu dibungkus dengan lapisan kulit sebagai ban luarnya. Keunggulannya enggak gampang kempis total kalau kena paku kalu sekarang lebih dikenal dengan nama Tubelesss. Namun dibalik penemuan barunya itu tersimpan kelemahannya yakni susah nambal jika terjadi kebocoran parah, jauh berbeda dengan jaman sekarang dimana tukang tambal ban Tubeless banyak sekali ditemukan. Selain itu ban temuannya ini mahal biaya produksinya otomatis orang-orang pun jarang menyukainya.

Berlanjut lagi ditahun 1888, John Boyd Dunlop Pendiri ban berlabel Dunlop dan juga seorang dokter hewan asal Skotlandia merancang ban baru temuannya dengan (ban) dalam berisi angin mirip dengan ban masa kini.  Awalnya ia merancang ban ini untuk sepeda sang anak, namun penemuannya tersebut semakin diminati dan memasangnya pada sepeda yang ikut balapan The Irish Cyclist. Hasilnya, sepeda tersebut keluar sebagai juara. Dari sinilah ban mulai membantu dan sebagai awal mula terciptanya ban, Selain itu Nama "Dunlop" mulai dikenal banyak orang sebagai pembuat ban jempolan.

Semua yang dilakukan oleh John dengan cinta yang tulus, tanpa ada tujuan bisnis. Ternyata momen ini menjadi titik awal tumbuhnya industri ban modern. seperti ban Dunlop. Oke gaes mungkin hanya itu saja yang ane bagikan, mudah-mudah tulisan diatas ane dapat bermanfaat, Terimakasih.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x