Mohon tunggu...
Rama Guna Wibawa
Rama Guna Wibawa Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis terus sampe lupa caranya berhenti, kecuali adzan, makan dan Bucin

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Isalam Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apa Itu Komunikasi?

17 Januari 2021   10:32 Diperbarui: 17 Januari 2021   10:41 854 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar Komunikasi | ideaimaji.com

Secara Etimologis Komunikasi berasal dari bahasa latin yang berarti comunicare atau "to Common" yang artinya membuat kesamaan pengertian atau kesamaan persepsi. Akar kata lainya "Communis" yang berarti sama atau dengan kata lain kesamaan makna.

Sedangkan menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid sebagai penasihat senior untuk Divisi Penelitian dan Evaluasi Pusat Program Komunikasi menyampaikan bahwa Komunikasi adalah proses dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam, sedangkan menurut Wilbur Schramm dia adalah seorang sarjana dan "otoritas komunikasi massa,menyampaikan Komunikasi adalah saling berbagi informasi, gagasan, atau sikap. Sehubungan dengan hal tersebut Harold Lasswell memberikan pernyataan, beliau adalah seorang ilmuwan politik terkemuka Amerika Serikat dan seorang pencetus teori komunikasi, yakni Komunikasi adalah "Who says what in which channel to whom and with what effects -- "Siapa, mengatakan apa, melalui saluran mana, kepada siapa, dan dengan pengaruh apa". Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah penyampaian sebuah pesan, informasi, ide, gagasan, sikap melalui suatu media kepada seseorang, kelompok atau khalayak dengan mengharapkan suatu dampak atau pengaruh dari pesan yang disampaikan tersebut

Komponen-Komponen Komunikasi

1.Komunikator

Communicator/source/sender atau yang biasa kita kenal dengan seseorang yang menyampaikan pesan, informasi, ide, gagasan, pendapat kepada seorang komunikan. Menurut Aristoteles, Ketika menjadi seorang komunikator yang baik ada beberapa yang harus kita ketahui, yaitu Ethos, Pathos dan logos. 

Pertama, Ethos terkait dengan kredibilitas, kekuatan dan kualitas yang dimiliki oleh suatu sumber, pembicara, penceramah atau komunikator, semakin tinggi tingkat kepercayaan komunikan kepada komunikator semakin tinggi pula pengaruh pesan yang disampaikan oleh komunikator. 

Kedua, Pathos terkait dengan gaya bahasa yang digunakan oleh komunikator, komunikator yang baik dia yang mampu menyesuaikan gaya bahasanya sesuai dengan khalayak yang hadir. Karena khalayak mahasiswa dengan anak SD itu tidak bisa dipukul rata dengan gaya bahasa yang ilmiah atau bahasa-bahasa asing. 

Ketiga Logos, yakni sesuatu yang berhubungan dengan pikiran yang  baik, akhlak yang baik, dan maksud yang baik.

2. Pesan (message)

Pesan adalah suatu informasi, ide, gagasan, pendapat yang disampaikan dari komunikator kepada komunikan. Menurut Sastropoetro (1982) pesan adalah suatu kegiatan penting, sulit dan menentukan apakah gagasan yang ada dapat dituangkan secara pasti ke dalam lembaga yang berarti dan telah disusun sedemikian rupa, sehingga menghindari timbulnya salah paham. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan