Mohon tunggu...
Ramadita ZukhrufiAida
Ramadita ZukhrufiAida Mohon Tunggu... Administrasi - UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945

Memiliki sifat pekerja keras , pantang menyerah, selalu belajar dari kesalahan, rajin serta ulet

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kreativitas dan Inovatif Karang Taruna RW 05 Desa Kalipecabean Sidoarjo dalam Pembuatan Batik

26 Juni 2022   21:42 Diperbarui: 26 Juni 2022   22:33 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Surabaya, 26 Juni 2022-- Kuliah Kerja Nyata muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan dan menyumbangkan ilmunya secara langsung dalam memecahkan dan melaksanakan pembangunan didalam kehidupan masyarakat. 

Program Kuliah Kerja Nyata dilakukan untuk mencapai maksud dan tujuan perguruan tinggi yaitu menghasilkan sarjana yang menghayati permasalahan masyarakat dan mampu memberi solusi permasalahan secara pragmatis. Disisi lain, Kuliah Kerja Nyata dapat membentuk kepribadian mahasiswa menjadi kader pembangunan dengan wawasan berfikir yang komprehensif.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata tersebut diwajibkan di tataran Perguruan Tinggi sebagai pertanggungjawaban atas aplikasi disiplin ilmu dari teoritis ke empiris serta perwujudan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Universitas 17 Agustus atau dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN setiap tahun. 

Tema yang diusung kali ini yaitu "KKN Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Namun sayangnya di situasi sekarang ini ada perubahan dari skema KKN tahun-tahun sebelumnya yang biasa dilakukan secara berkelompok kini berubah dilakukan secara individu karena mengingat kita semua tetap harus waspada, karena covid-19 masih ada.

Dokpri
Dokpri

Namun hal tersebut tidak menyurutkan tekad dan semangat Ramadita Zukhrufi Aida mahasiswa Ekonomi Pembangunan Untag Surabaya dibawah bimbingan Bapak Dr.Ahmad Sholikhin Ruslie,SH.,MH. Selaku dosen pendamping lapangan.

 Program KKN yang akan dilakukan ini ditujukan kepada Karang Taruna RW 05 Kalipecabean Sidoarjo yang membahas mengenai peningkatan kreativitas dan inovatif Karang Taruna RW 05 dengan cara melakukan pelatihan dalam membuat karya desain batik.

Program Kuliah Kerja Nyata ini akan ditujukan kepada Karang Taruna RW 05 Desa Kalipecabean Sidoarjo yang diharapkan dapat memberikan dampak yang baik kedepannya dan terhindar dari segala macam tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. 

Karang Taruna RW 05 Desa Kalipecabean Sidoarjo diberdayakan dengan cara diberikan pelatihan ketrampilan seperti, pelatihan dalam pembuatan batik. 

Ketrampilan dalam membuat batik ini dibutuhkan ketelitian yang kuat, keuletan, kesabaran dan kerapian yang tinggi sehingga mahasiswa berharap para generasi muda dapat merasakan manfaat dari kegiatan porgram pelatihan ketrampilan ini.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dalam proses pembuatan batik ini tidak hanya mengedepankan peningkatan kualitas SDM Karang Taruna RW 05 Desa Kalipecabean Sidoarjo,namun jika kegiatan ini menghasilkan dampak yang baik maka bisa dijadikan sebagai ladang usaha bisnis Desa Kalipecabean Sidoarjo dan hasil produksi batik dapat diperjualbelikan secara luas di kalangan masyarakat yang ada. 

Dan diharapkan juga dapat mendorong perekonomian Desa Kalipecabean Sidoarjo lebih baik dari sebelumnya. Dengan Demikian, dengan adanya permasalahan tersebut diharapkan peran mahasiswa dapat memberikan dampak dan memecahkan masalah yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan