Mohon tunggu...
Ramadhan Pratama
Ramadhan Pratama Mohon Tunggu... Programmer - Computer Science Student

I love math, music, and coding

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Undip Membuat Aplikasi Android sebagai Upaya Edukasi tentang Covid-19

16 Februari 2021   01:34 Diperbarui: 16 Februari 2021   02:08 41 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Membuat Aplikasi Android sebagai Upaya Edukasi tentang Covid-19
Sosialisasi Aplikasi CovInfo Kepada Masyarakat (dokpri)

Rantauprapat (08/02) – Bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19  pemerintah telah mengeluarkan sejumlah aturan guna menekan angka penyebaran virus Corona atau Covid-19. Aturan-aturan itu dikeluarkan baik dalam bentuk peraturan presiden (perpres), peraturan pemerintah (PP) hingga keputusan presiden (keppres).

Aturan-aturan tersebut juga telah disuarakan pemerintah melalui berbagai media baik televisi, media sosial, dan lain-lain. Disamping usaha pemerintah dalam penyuarakan aturan-aturan untuk menekan angka Covid-19, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak terdapat masyarakat yang mengabaikan aturan-aturan tersebut. Seperti di Labuhanbatu, tepatnya pada Kota Rantauprapat.

Di kota tersebut masyaratkat masih aktif melakukkan kegiatan di luar rumah, bahkan kedai-kedai kopi, tempat-tempat nongkrong, dan sejenisnya tidak ada yang tutup dan sebagiannya tidak mempromosikan protokol kesehatan untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Ramadhan Pratama (21), mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata bernisiatif membuat sebuah aplikasi berbasis android yang bernama CovInfo. Aplikasi dibuat untuk mengedukasi masyarakat di Kota Rantauprapat, tepatnya di Kelurahan Kartini tentang pencegahan dini Covid-19, gejala Covid-19 dan informasi terupdate tentang angka terinfeksi, dirawat, sembuh, dan meninggal yang diakibatkan oleh Covid-19. 

Aplikasi CovInfo disosilisasikan ke pada masyarakat di kelurahan Kartini, Rantau Utara, Labuhanbatu. Masyarakat diberikan edukasi mengenai cara mendapatkan dan menggunakan aplikasi tesebut. Dengan dibuatnya aplikasi CovInfo diharapkan masyarakat akan lebih peduli terhadap pandemi Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan untuk mendukung pemerintah dalam menekan angka terinfeksi dan kematian yang disebabkan oleh Covid-19. 

Tampilan Antarmuka Halaman Utama Aplikasi CovInfo (dokpri)
Tampilan Antarmuka Halaman Utama Aplikasi CovInfo (dokpri)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN