Mohon tunggu...
R Hady Syahputra Tambunan
R Hady Syahputra Tambunan Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Pemerhati Politik Sosial Budaya. Pengikut Gerakan Akal Sehat. GOPAY/WA: 081271510000 Ex.relawan BaraJP / KAWAL PEMILU / JASMEV

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Takbiran Keliling, Salahnya di Mana?

5 Juni 2019   10:23 Diperbarui: 5 Juni 2019   19:56 0 5 3 Mohon Tunggu...
Takbiran Keliling, Salahnya di Mana?
Dokpri: tangkap layar tv one

Ada yang berbeda di Provinsi DKI Jakarta pada 2 tahun terakhir. Takbiran keliling pada tahun 2018 dan 2019 diperbolehkan, dikawal, lalu dihadiri oleh Gubernur Jakarta - Anies Baswedan dan jajarannya. Kesimpulannya adalah Anies mendukung bahkan memfasilitasi penuh kegiatan yang dikategorikan warisan budaya menjelang Idul Fitri ini.

Dokpri: tangkap layar merdeka.com juni 2016
Dokpri: tangkap layar merdeka.com juni 2016
Sepertinya FPI dan ormas lainnya senang di 2 tahun ini. Sebelumnya pada Jaman Ahok dan Djarot sempat terjadi perang urat saraf karena merasa kegiatan umat islam dihalangi oleh beliau. Sekarang umat islam di Jakarta bersuka cita setelah dibebaskan menggelar pawai takbiran keliling.

** ** ** **

Mari kita Flashback dulu ke tahun 2016 atau sebelumnya. Pada jaman pemerintahan Ahok dan Djarot lalu kemudian Djarot menggantikan Ahok, disebutkan pawai takbiran keliling sempat dihimbau untuk tidak dilakukan (baca: 'dilarang').

Pelarangan ini dimaksudkan untuk menghindari dampak yang ditimbulkan seperti menimbulkan kemacetan lalu lintas, gesekan antar warga yang diartikan mengganggu ketertiban umum.

Dokpri: tangkap layar tirto
Dokpri: tangkap layar tirto
Kapolda Metro Jaya saat itu Irjen M Iriawan kompak dengan kebijakan Ahok. Polda Metro saat itu pun mengeluarkan himbauan agar tidak menggelar kegiatan tersebut.

"Tidak usah takbiran (pawai,red), karena khawatir kecelakaan, gesekan, juga kemacetan. Toh besok juga takbiran kan? Enak dirumah aja, buat opor" ujar Iriawan di tirto.com.

Selain khawatir beberapa kejadian diatas, media online itu (tirto) menulis bahwa Iriawan berpendapat pawai takbiran hanya membuang energi (sia-sia,pen).

** ** ** **

Kemenangan Anies-Sandiaga di Pilkada Jakarta mungkin dirasakan membawa rasa lega di batin umat islam. Sebagian ormas islam sedikit demi sedikit mulai merasa dihargai dan 'dimaklumi' beberapa tradisinya. 

Pada dasarnya mereka tentu tidak ingin disebut melawan pemerintah atau aparat keamanan. Terhadap alasan pelarangan yang disebutkan entah itu dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas atau borpotensi menggangu ketertiban umum sepertinya masih dapat didiskusikan kembali dengan bijak.

Untuk point kecelakaan dapat dikondisikan dengan rekayasa lalu lintas. Bila ditakutkan mengganggu ketertiban umum maka sebutkan saja siapa yang merasa terganggu agar dapat diurai solusinya.

Apalagi bila dipikir2 masih banyak acara sejenis yang mengumpulkan massa atau mengganggu kepentingan masyarakat dijalan raya. Ternyata selama ini diperbolehkan dan diamankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x