Mohon tunggu...
Firhan Ramadhan
Firhan Ramadhan Mohon Tunggu... Student

Comparison is a thief of joy

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Tugas Matakuliah Prof Dr Apollo (Daito) - Sustainability Report

18 Mei 2020   18:40 Diperbarui: 18 Mei 2020   21:58 60 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugas Matakuliah Prof Dr Apollo (Daito) - Sustainability Report
     Sumber: Dokumen Pribadi

Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalaninya. Namun seiring dengan perkembangan dunia bisnis, tujuan perusahaan tidak hanya tertuju untuk mencapai keuntungan. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan di dunia, mulai membagi fokus mereka antara pencapaian keuntungan dan perbaikan lingkungan. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi akibat aktivitas bisnis perusahaan sehingga merugikan masyarakat sekitarnya. 

Apa itu Sustainability Report?

Menurut Andreas (2018:3), sustainability report adalah suatu model pelaporan informasi korporasi kepada para pemangku kepentingan (stakeholders) yang mengintegrasikan pelaporan keuangan (financial reporting) dengan pelaporan sosial (social reporting), pelaporan lingkungan (environment reporting), dan pelaporan tata kelola korporasi (corporate governance reporting) secara terpadu dalam satu pelaporan. Sedangkan Global Reporting Initiative, menjelaskan bahwa sustainability report digunakan sebagai praktik dalam mengukur dan mengungkapkan aktivitas perusahaan, sebagai tanggung jawab kepada stakeholder internal dan eksternal mengenai kinerja organisasi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa sustainability report adalah laporan atas aktivitas perusahaan terkait aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan yang diungkapkan terpisah dengan annual report sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap para stakeholder.

Sustainability report diluncurkan pertama kali oleh Global Reporting Initiative pada tahun 2001. Sejak saat itu, sustainability report mendapatkan perhatian dari pelaku bisnis dan perusahaan di dunia. Perkembangan sustainability report yang cepat ini merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan. Perkembangan berkelanjutan atau yang dikenal sebagai sustainability development adalah pembangunan dengan wawasan multidimensional dalam mencapai kualitas hidup yang lebih tinggi. Sustainability development dapat juga diartikan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan dari generasi masa mendatang untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan meningkatnya kesadaran para pelaku bisnis atas pentingnya sustainability development, maka akan sejalan dengan meningkatnya pengungkapan sustainability report.

  Sumber: Dokumen Pribadi
  Sumber: Dokumen Pribadi

Kenapa pengungkapan Sustainability Report itu penting?

Pengungkapan sustainability report semakin mendapatkan perhatian dalam dunia bisnis dan menjadi kriteria dalam menilai tanggung jawab sosial suatu perusahaan. Pengungkapan ini dilakukan oleh perusahaan sebagai laporan sukarela (voluntary) dan disajikan terpisah dengan annual report. Sustainability report memiliki tujuan untuk membantu perusahaan dalam merencanakan, mempersiapkan, melaporkan, dan mengungkapkan informasi tentang komitmen, pelaksanaan, pengukuran, pengungkapan, dan pertanggungjawaban korporasi terhadap kinerja pengelolaan isu-isu ekonomi, sosial dan lingkungan, serta tata kelola korporasi kepada para stakeholder internal dan eksternal untuk mewujudkan visi dan tujuan berkelanjutan korporasi dan para stakeholder (Andreas, 2018:3).

Hal ini berkaitan juga dengan teori legitimasi dan teori stakeholder. Teori legitimasi merupakan teori yang menjelaskan tentang interaksi perusahaan dengan masyarakat. Teori ini mengungkapkan bahwa suatu perusahaan menjalankan aktivitas bisnisnya atas izin dari masyarakat, sehingga masyarakat dapat memberikan penilaian apabila perusahaan tidak menjalankan kewajiban sosialnya. Perusahaan diharapkan untuk melakukan penyesuaian terhadap nilai- nilai di masyarakat agar tidak memunculkan legitimacy gap. Untuk tetap mendapatkan legitimasi, perusahaan melaksanakan kewajibannya untuk selalu melakukan kegiatan sosial dan lingkungan. Oleh karena itu, pengungkapan informasi non keuangan seperti aktivitas sosial dan lingkungan dalam sustainability report yang dipublikasikan sangat penting bagi perusahaan.

Sedangkan teori stakeholder merupakan suatu konsep yang menjelaskan tentang hubungan antara perusahaan dan stakeholder. Di dalam teori stakeholder, perusahaan tidak bisa melakukan aktivitas bisnisnya hanya untuk kepentingan sendiri, namun harus memberikan manfaat terhadap stakeholder. Dengan kata lain, kelangsungan hidup suatu perusahaan bergantung pada stakeholder, sehingga perusahaan harus mencari dukungan para stakeholder. Perusahaan dapat mencari dukungan para stakeholder dengan cara meningkatkan kualitas informasi yang akan diungkapkan. Pengungkapan informasi non keuangan seperti laporan berkelanjutan (sustainability report) akan meningkatkan kepercayaan stakeholder terhadap perusahaan.

Menurut World Business Council for Sustainable Development dalam Rita Wijayanti (2016:42), terdapat beberapa manfaat bagi perusahaan atas pengungkapan sustainability report, yaitu:

  • Sustainability report dapat memberikan informasi kepada para stakeholder, meningkatkan prospek perusahaan, dan dapat membantu mewujudkan transparansi.
  • Sustainability report diharapkan dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan brand value, market share, dan loyalitas konsumen jangka panjang.
  • Sustainability report dapat digunakan sebagai gambaran perusahaan dalam melakukan pengendalian risikonya.
  • Sustainability report dapat digunakan perusahaan sebagai stimulasi leadership thinking dan performance yang didukung dengan semangat bersaing.
  • Sustainability report dapat bermanfaat bagi suatu perusahaan untuk meningkatkan pengimplementasian sistem manajemen yang baik dalam mengelola dampak lingkungan, ekonomi, dan sosialnya.
  • Sustainability report dapat mencerminkan kemampuan dan kesiapan perusahaan untuk memenuhi keinginan pemegang saham dalam jangka panjang.
  • Sustainability report bermanfaat bagi perusahaan untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan ketertarikan para pemegang saham dengan cara memberikan pedoman untuk meningkatkan nilai perusahaan yang terkait dengan isu sosial dan lingkungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN