Mohon tunggu...
Firhan Ramadhan
Firhan Ramadhan Mohon Tunggu... Student

Comparison is a thief of joy

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Tugas Matakuliah Prof Dr Apollo (Daito) - Sekilas Sejarah Akuntansi di Dunia dan Indonesia

10 April 2020   19:12 Diperbarui: 10 April 2020   19:14 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugas Matakuliah Prof Dr Apollo (Daito) - Sekilas Sejarah Akuntansi di Dunia dan Indonesia
Sumber: Dokumen Pribadi

Kita semua pasti sudah pernah mendengar kata akuntansi. Tapi apakah kita tahu sejarah dari ilmu akuntansi itu sendiri? Mari kita ketahui sejarah akuntansi di dunia dan di Indonesia.

SEJARAH AKUNTANSI DI DUNIA

Ilmu akuntansi sebenarnya sudah ada sejak zaman barter karena manusia sudah melakukan transaksi dan menghitung. Sekitar 3000 SM, terdapat gudang emas dan harta lainnya di mesir kuno sehingga pemerintah setempat membuat kebijakan untuk mencatat dan melaporkannya kepada perdana Menteri.

Zaman Cina 

Zaman ini terjadi sekitar 1122-256 SM. Pada zaman cina, akuntansi digunakan sebagai alat untuk melakukan perencanaan, menjadi pertimbangan untuk melakukan ekspansi wilayah, dan mengatur keuangan negara yang sekarang biasa disebut sebagai akuntansi pemerintahan.

Zaman Manorial

Zaman ini dimulai pada saat masa jaya para tuan tanah di daratan eropa. Pada zaman manorial mulai dikenal stewardship system atau pertanggungjawaban kepada atasan yang menggunakan ilmu akuntansi sebagai sarana untuk mencatat pendapatan pajak dari rakyat.

Masa Renaisans

Pada masa ini sudah adanya single entry atau tata buku tunggal yang diterapkan. Pada tahun 1299-1300 ditemukan beberapa bagian tata buku berpasangan dari catatan Giovanni Farolfi & Company, sebuah perusahaan dagang di Kota Florence yang notabene menjadi pusat renaisans dan menyebar ke seluruh eropa. Lalu sekitar tahun 1340, telah ditemukan adanya tata buku berpasangan yang lengkap di kota Genoa, Italia.

Masa Eksplorasi

Era eksplorasi ini dimulai pada saat kekuasaan kota-kota Italia yang menghalangi partisipasi bagian Eropa lainnya dalam melakukan perdagangan di Mediterania. Pada tahun 1492, Christhoper Columbus melakukan pelayaran bersama seorang auditor untuk melakukan pencatatan pengeluaran Columbus dan menghitung harga emas dan rempah yang dikumpulkan selama perjalanan. Selanjutnya pada tahun 1494, Luca Pacioli menemukan sistem double entry book keeping yang dimulai dari adanya kegiatan pemungutan pajak, pendapatan sewa, dan mencatat perdagangan selama perjalanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x