Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

58 x Prestasi Writing Competition, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

5 Paket ASN Inspiratif untuk Indonesia di 50 Tahun RSKO Jakarta

20 Juli 2022   14:37 Diperbarui: 20 Juli 2022   14:56 648 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Paket ASN Inspiratif Untuk Indonesia di 50 Tahun RSKO Jakarta I Sumber Foto : Andri M desain by Canva Pro

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta telah berusia 50 tahun di tanggal 12 April 2022. Ternyata rumah sakit khusus penanganan ketergantungan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya) ini sudah tidak muda lagi, sudah berusia emas.

Tentunya dalam usia emasnya ini banyak sosok-sosok ASN yang inspiratif yang masih bekerja dan telah pensiun. Bahkan diantaranya memberi peran bagi masyarakat yang membutuhkan tidak hanya di RSKO Jakarta juga merambah keluar pagar RSKO.

Sebagai seorang Muslim, daku (saya) pernah mendengar sebuah kisah ada seorang laki-laki yang sedang berjalan, kemudian dia menyingkirkan duri dari tengah jalan yang membuat dirinya masuk ke dalam surga.

Dalam sebuah riwayat, dari Imam Muslim dan dari sahabat Abu Hurairah, beliau berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Ada seseorang laki-laki yang melewati suatu ranting berduri berada di tengah jalan. Lalu lelaki itu berkata, 'Demi Allah, aku akan menyingkirkan duri ini dari kaum muslimin sehingga mereka tidak akan mendapat gangguan karenanya.' Maka Allah Swt pun memasukkannya ke dalam surga."

Dari kisah itu kita tidak boleh meremehkan kebaikan sekecil apa pun, karena bisa saja kebaikan kecil itu mendatangkan pahala yang besar dan membuat kita masuk surga.

Ini dia sosok-sosok 5 paket ASN RSKO Jakarta yang menginspirasi bagi diri ku yang daku kenal dan ketahui. Dari 5 paket sosok imungkin ada sebagian orang yang menganggapnya aktivitasnya belum layak disebut inspiratif, tapi menurut ku mereka berdampak besar bagi lingkungannya.

Sumardiyono Berbakti Melalui Pengumpulan Sampah

Sosok ini merupakan seorang pranata laboratorium yang saat ini dapat dikatakan sebagai koordinator di Instalasi laboratorium RSKO Jakarta. Sumardiyono telah mengabdi di RSKO Jakarta selama 25 tahun atau seperempat abad.

ASN RSKO Jakarta, Sumardiyono sang pengagas bank sampah di lingkungan tempat tinggalnya I Sumber Foto : dokpri
ASN RSKO Jakarta, Sumardiyono sang pengagas bank sampah di lingkungan tempat tinggalnya I Sumber Foto : dokpri

Gaya bahasanya khas orang Jawa, seorang pecinta gowes, dan ternyata dirinya tidak enggan bermain dengan sampah. Daku ingat sekali, kalau bertemu dirinya selalu memberi pesan "kalau ada sampah kardus, plastik atau karung tolong berikan ke saya untuk kegiatan bank sampah dilingkungan rumah" ucap Sumardiyono yang biasa daku panggil mas Dion.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan