Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 52 x Prestasi Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

7 Motivasi Tak Biasa Kenapa Anda Sebaiknya Mulai Menulis

27 Juli 2021   21:48 Diperbarui: 28 Juli 2021   15:20 473 22 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
7 Motivasi tak Biasa Kenapa Anda Sebaiknya Mulai Menulis I Sumber Foto : Canva

Sudah banyak tulisan yang membahas alasan atau motivasi kenapa Anda harus menulis. Beberapa poin umum diantaranya dengan menulis kita dapat meyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan, menulis sebagai media memberikan informasi, menulis sebagai upaya untuk memperkenalkan diri, tujuan untuk menyampaikan amanat & pesan, dan untuk memudahkan para pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalarannya.

Sepertinya poin-poin diatas akan Anda temui diberbagai konten tentang alasan menulis, intinya sih itu. Ada juga yang berhubungan dengan fulus atau duit, misal bisa jadi content creator, content wrtiter, penulis buku / novel, blogger, penulis script, dll.

Banyak penulis yang menyemangati seseorang untuk menulis melalui quote Pramoedya Ananta Toer yang berbunyi "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian"

Kalau daku sendiri lebih membuat poin-poin yang tiak biasa dibahas mengenai motivasi kenapa Anda menulis. Beda boleh dwonk ? ya bolehlah, masa samaan melulu. Nah ini dia Motivisi ku kenapa menulis ;

_

1. Catatan Untuk Dibaca di Hari Tua

Motivasi pertama ya ini. Daku mulai menceritakan apa saja dalam sebuah platform ditahun 2009 melalui sebuah blog pribadi. Saat ini daku sendiri sudah lupa nama situsnya.

Awal-awal ngeblog itu menulis perjalanan / traveling ke tempat yang pernah daku singgahi. Tidak ada tujuan apapun, nyari duit dari blog juga tidak saat itu. Walaupun saat ini tidak bisa bohong bahwa menulis ya buat nyari duit dari berbagai platform blog, jadi content writer dan ghost writer.

Catatan di Hari Tua I Sumber Foto : Canva
Catatan di Hari Tua I Sumber Foto : Canva

Ada kejadian sebetulnya tidak diharapkan, gara-gara daku jadi blogger di komunitas traveling yang waktu itu cuma 3 blogger doang dari ribuan member, eehh malah jadi nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014 dan nominator Inspiratif Member Backpacker Jakarta 2016. Padahal daku menulis traveling untuk diary perjalanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan