Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

59 x Prestasi Writing Competition, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pejuang Sunyi Covid-19, Ketika Dirinya Butuh Donor Darah

10 Juli 2021   09:49 Diperbarui: 10 Juli 2021   09:56 581 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deskripsi : Pejuang Sunyi Covid-19, ketika Dirinya Butuh Donor Darah I Sumber Foto: dokpri

Chat WhatsApp Group (WAG)  pada hari kamis ( 8 / 07 / 2021 ), daku baca. Chat tersebut berasal dari seorang apoteker RSKO Jakarta bernama Dyah Putri Ambarwati atau lebih dikenal dengan panggilan Puput. Dirinya merupakan salah-satu dari 10 nominee ASN Inspiratif 2020 mewakili Kementerian Kesehatan RI.

Chat tersebut berisi sebuah pesan bahwa rekan kami Rully Darmawan yang saat ini dalam proses perawatan Demam Berdarah (DBD) dan positif Covid-19. isinya ;

Assalamualaikum.
.
Beberapa menit yang lalu sahabat kita pak Rully menelpon saya. Beliau mengucapkan terima kasih banyak atas support dari rekan-rekan di RSKO Jakarta. Kondisi beliau alhamdulillah sudah negatif Covid dan sudah di ruang perawatan.
Namun rupanya trombositnya masih seringkali turun dan akhirnya membutuhkan transfusi darah. Mengenai keluhan ini nantinya beliau akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
.
Saat ini rupanya beliau membutuhkan pendonor darah lagi. 23 pendonor golongan O. Memang angka yang sempat membuat saya bertanya ulang, benar segitu pak? Beliau bercerita runut bajwa memang sebanyak itu kebutuhannya saat ini. Namun bila 23 itu bisa tertutupi minimal 10 saja, maka dia bisa melanjutkan pengobatannya.
.
Yuk kita bantu pak Rully, kalaupun kita tidak bisa karena belum waktunya donor darah kembali, mungkin bisa bantu share informasi mengenai kebutuhan ini.
.

Chat tersebut berasal dari Rully Darmawan yang membutuhkan donor darah sebanyak 23 kantong darah. Dari keterangan bang Rully, teman saya Dyah pun kaget. Ketika chat dengan diri ku ia berucap ini merupakan pekerjaan rumah (PR) yang berat untuk mendapatkan donor darah sebanyak itu.

Bang Rully diketahui mengidap trombositopenia pasca mengalami dua penyakit tersebut (DBD + Covid 19 positif). Trombositopenia adalah kondisi saat jumlah keping darah (trombosit) rendah, di bawah nilai normal. Trombosit berperan untuk menghentikan perdarahan saat terjadi luka atau kerusakan di pembuluh darah. Kurangnya jumlah trombosit dapat menyebabkan darah sulit membeku. (alodokter.com).

Deskripsi : Donor Darah golongan darah O + untuk Rully Darmawan I Sumber Foto: Dyah Putri
Deskripsi : Donor Darah golongan darah O + untuk Rully Darmawan I Sumber Foto: Dyah Putri
Jumlah trombosit normal pada darah adalah sebanyak 150.000 -- 450.000 sel per mikroliter darah. Jika jumlah trombosit kurang dari 150.000, maka seseorang dapat dianggap menderita trombositopenia. Seseorang yang menderita trombositopenia rentan mengalami perdarahan, misalnya mudah lebam, mimisan, atau gusi sering berdarah.

Untuk itu kami rekan-rekannya di RSKO Jakarta berupaya melalui media apapun menyiarkan kebutuhan donor darah bang Rully. Sosok yang membutuhkan donor darah ini merupakan pejuang sunyi Covid-19 di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta.

Pejuang sunyi merupakan sosok-sosok yang ikut berjuang tapi keterlibatan kurang terdengar dan tidak dielukan sebagai pejuang atau pahlawan. Semisal pada masa perjuangan kemerdekaan para pemasok logistik, tenaga dapur umum, pengirim senjata & amunisi ke medan laga dan pejuang non militer lainnya.

Pejuang yang tidak meraih mendali penghargaan, tambahan penghasilan dan tidak dielukan sebagai pahlawan. Bahkan mereka acapkali mendapatkan dengungan cuitan dari segelintir / sedikit pejuang di garis terdepan yang menyakiti hati 'kami paling berperan dalam perjuangan ini, karena kami berperang langsung dihadapan musuh'.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, RSKO Jakarta berkontribusi dengan menyiapkan kurang lebih 40an tempat tidur atau sekitar hampir 50 % dari ketersediaan tempat tidur di RSKO Jakarta.

Bang Rully merupakan pegawai di Instalasi Prasarana dan Sarana Rumah Sakit RSKO Jakarta. Bersama pegawai RSKO lainnya bahu membahu membantu para pemberi pelayanan langsung di ruang perawatan Covid-19. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan