Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 48 x winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, Penyuluh Kesehatan, Admin Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ini Dia Cara Bandung Mewujudkan Kota Cerdas Pangan, Seperti Apa?

18 April 2021   07:02 Diperbarui: 18 April 2021   07:09 305 22 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia Cara Bandung Mewujudkan Kota Cerdas Pangan, Seperti Apa?
Deskripsi : Bagaimana Cara Bandung Mewujudkan Kota Cerdas Pangan ? I Sumber Foto : Bandung Food Smart City

Bandung dikenal dengan sebutan kota kembang. Kota ini merupakan destinasi wisata populer bagi pelancong dalam dan luar negeri. Daya tarik Bandung dari suhu yang sejuk, destinasi wisata yang beragam, distro, kuliner dan seni budayanya. 

Sebagai destinasi wisata favorit tentunya Bandung wajib menjaga kebersihan dan kenyaman kota. Berbagai upaya telah dilakukan dengan menjadikan Bandung sebagai Smart City dan mewujudkan Kota Cerdas Pangan.

Pada 31 Maret 2021, Kota Bandung mendapatkan peringkat 28 dari 50 Smart City Government 2020-2021 dunia. Penilaian tersebut berdasarkan hasil studi dari Eden Strategy Institute, sebuah firma konsultan strategi yang berkantor di Singapura.

Kota yang terpilih dinilai dari pengembangan kota yang menekankan pada peran pemerintah kota sebagai pendorong utama pengembangan konsep smart city

Selain itu penilaian melihat dari penerapan solusi teknologi, strategi, kepemimpinan, fokus SDM, kebijakan, ekosistem, insentif, dan keberhasilan dan efektivitas teknologi yang diterapkan.

Mungkin banyak pihak sudah mengetahui konsep smart city, tapi apakah masyarakat mengetahui konsep tentang Kota Cerdas Pangan yang sedang digaungkan oleh Pemerintah Kota Bandung ?

Kota Cerdas Pangan atau Food Smart City adalah kota yang mampu menyeimbangkan antara produksi pangan dengan kebutuhan pangan penduduknya, mampu mengatasi masalah yang berhubungan dengan kualitas bahan pangan, serta mengatasi masalah lingkungan yang berhubungan dengan tingkat produksi bahan pangan dalam kota tersebut (Rikolto, 2017). 

Bandung Food Smart City mengusung tagline "Save the food! : We are in a mission to make the world a better place for everyone by reducing the food waste"

Bila tagline ini dialih bahasa dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan 'Simpan makanan jangan dibuang sia-sia! : Kami memiliki misi untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua orang dengan mengurangi sampah makanan'.

Mewujudkan Bandung Food Smart City dalam rangka untuk menyadarkan masyarakat terntang bahaya sampah sisa makanan (food waste). Tim Bandung Food Smart City melakukan beberapa program kerja yang sudah dan sedang dijalankan guna terus memberikan penyadaran terhadap masyarakat pentingnya bebas sampah makanan.

"Wahai anak-anak Adam! Percantiklah dirimu untuk setiap tindakan ibadah, makan dan minum dengan bebas, tetapi jangan sia-siakan: sesungguhnya, Dia tidak mencintai yang boros" Al-Qur'an, Al A'raf (7:31) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN