Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 48 x winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, Penyuluh Kesehatan, Admin Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Ini Dia Artikel Utama (Headline) Kompasiana yang di Comot Youtuber

28 Maret 2021   10:36 Diperbarui: 28 Maret 2021   11:26 283 26 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia Artikel Utama (Headline) Kompasiana yang di Comot Youtuber
Ilustrasi pribadi menggunakan Canva

Semenjak hadirnya media sosial seperti youtube, instagram, twitter, facebook, tik-tok, ome tv dan lainnya membuat para content cretaor berlomba-lonba membuat content yang menarik.

Beberapa content creator mendapatkan penghasilan dari content yang dia buat. Bahkan diantaranya merupakan content creator yang spesifik interest, misal ; politik, olahraga, film, beauty, sport dan militer.

Salah-satu channel youtube yang spesial membahas content militer ialah Sang Patriot (DI SINI). Content militer yang Sang Patriot telah buat sebanyak 151 video. Buat daku yang pecinta militer tentunya akan sangat membantu bagi para militer lovers mendapatkan informasi.

Daku acapkali melihat content militer yang dibuat oleh Sang Patriot karena tampil di timeline youtube ku. Bisa jadi karena daku sering kali melihat content militer akhir disuguhkan oleh youtube content-content yang sering daku kunjungi.

Betapa kagetnya daku, ketika ada video youtube yang memiliki judul agak mirip dengan artikel utama (headline) Kompasiana yang pernah daku buat. Video Youtube itu berjudul 'JEPANG KECEWA!! F-16 Viper AMERIKA Gagal Dibeli INDONESIA' dimana judul artikel ku 'F-16 Viper Gagal Dibeli Indonesia, Ini Alasannya'


Video Youtube berdurasi 9 menit ini di unggah 14 maret 2021 selisih 2 (dua ) hari dari artikel ku yang membahas gagalnya Indonesia mengakuasisi F-16 Viper. Jumlah viewernya terbilang lumayan yakni sekitar 41.507 view (28 maret 2021)

Awalnya daku hanya tertarik melihat videonya karena berfikir akan ada perspektif lain mengenai gagalnya pembelian sang burung besi tanpa melihat keterangan video nya.

Baca juga ; F-16 Viper gagal Dibeli Indonesia, ini Alasannya

Pada saat daku menonton videonya, kok ada kejanggalan ! kata-kata yang terucap dari sang youtuber ini begitu persis dengan kata per kata yang ada didalam artikel buatan ku. Bahkan Youtuber ini lupa mengedit Sub - Sub Judul dan dengan menyebutkan kata 'Penulis' didalam videonya sesuai dengan menyebut diri ku didalam artikel dengan menggunakan kata 'Penulis'.

Deskripsi ; Screenshoot keterangan Video I Sumber Foto : Youtube Sang Patriot
Deskripsi ; Screenshoot keterangan Video I Sumber Foto : Youtube Sang Patriot
Dalam benak ku langsung berkata 'Plagiat'. Langsung daku melihat keterangan videonya dan ternyata begitu ceroboh sang Youtuber ini dimana terdapat keterangan ;

Baru-baru ini tersiar kabar Kemenhan RI mulai tahun ini (2021) hingga 2024 akan segera mereliasasikan akuasisi berbagai alutsista modern secara bertahap.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN