Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 48 x winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, Penyuluh Kesehatan, Admin Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bagaimana Cara Menjadi ASN Inspiratif ? Begini Begitu Beginu Menggapainya

15 Januari 2021   21:10 Diperbarui: 15 Januari 2021   22:00 200 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Menjadi ASN Inspiratif ? Begini Begitu Beginu Menggapainya
Deskripsi : Anugerah ASN 2020 kategori ASN Inspiratif I Sumber Foto : analisnews

Aparatur Sipil Negara (ASN) di institusi / tempat kerja Anda ingin memperoleh ASN Inspiratif ? Pastinya pingin dwonk kalau ada yang terpilih. Tentunya hal ini akan mengangkat nama institusi tempat dimana ASN itu berkerja dan inovasi yang dilakukan oleh ASN tersebut akan dikenal orang banyak.

ASN Inspiratif merupakan salah-satu kategori dari Anugerah ASN. Ajang ini diselenggarakan setiap tahun yang diinisiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB). Pada tahun 2020, dasar hukum pelaksanaannya berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 131/2020 tentang Anugerah ASN Tahun 2020. 

Terdapat 2 kategori lain dari Anugerah ASN yaitu Pejabat Tinggi Pratama (PTT) Teladan dan Future Leader. Khusus untuk ASN Inspiratif bisa siapa saja dicalonkan asalkan berstatus ASN di institusi pemerintah. ASN dapat dicalonkan oleh Institusi dirinya berasal dan warga masyarakat yang merasa ASN yang diajukan layak meraih penghargaan ini.

dok. Dyah Putri Ambarwati
dok. Dyah Putri Ambarwati
Tahun 2020 lalu, Dyah Putri Ambarwati perwakilan RSKO Jakarta terpilih sebagai salah-satu dari 10 ASN Inspiratif 2020 dari 4.121.176 ASN di seluruh Indonesia. Dyah merupakan Founder Nasi Kotak Untuk berbagi dan Co-Founder Gerakan Pejuang Hati Indonesia yang telah dijalankan sejak 2015.

Tentunya raihan tersebut karena dukungan dan disupport oleh Civitas Hospitalia RSKO Jakarta agar dapat meraih penghargaan prestius dikalangan ASN.

Bagaimana cara menjadi ASN Inspiratif seperti Dyah ! Pingin tau ? Yuks Scroll

..

1. Pilih ASN yang Tepat

Pastinya yang pertama harus memilih ASN yang tepat. ASN berprestasi banyak tapi yang inspiratif bisa dihitung dengan jari. Untuk itu filter amat penting pada proses seleksi di institusi sebelum diajukan ke KemenPAN & RB

ASN Inspiratif tidak bisa hanya atas dasar karena ASN tersebut memiliki titel akademis yang berderet. ASN yang memiliki prestasi gemilang untuk diri sendiri sebaiknya juga tidak diajukan. 

Bukan pula pejabat eselon karena itu ada kategori lain (PTT Teladan), atau kemampuan kepemimpinan dari seorang anak muda di institusi, itu juga ada kategori tersendiri (Future Leader)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN