Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 48 x winners Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Blogger terpilih Writingthon 2020 email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Menyongsong Generasi Emas 2045, Danone Luncurkan GESID

15 Desember 2020   11:32 Diperbarui: 15 Desember 2020   11:33 300 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyongsong Generasi Emas 2045, Danone Luncurkan GESID
Deskripsi : Sustainable Development Directory Danone Indonesia, Karyanto Wibowo mengungkap 2030 Indonesia akan memperoleh bonus demografi dan 2045 Indonesia diharakan telah menjadi negara maju I Sumber Foto : Youtube Danone

Pada tahun 2045, Indonesia akan menyongsong generasi emas. 100 tahun Indonesia medeka bertepatan di tahun 2045. Tahun tersebut warga yang berusia 1-39 tahun akan berusia 26-65 tahun. 

2045 jumlah penduduk usia produktif diperkirakan sek itar 223 juta atau 70% dari total populasi yang mencapai 319 juta jiwa. Jumlah penduduk Indonesia tahun ini sekitar 273 juta dmana sekitar 186 juta (68%) merupakan penduduk usia produktif. 

Indonesia hingga tahun 2045 akan masih menikmati bonus demografi. Warga yang masuk dalam kelompok usia yang di harapkan menjadi generasi emas di tahun 2045 adalah mereka yang saat ini be lum lahir. Mereka yang lahir di tahun 2025 akan berusia 20 tahun saat Indonesia merayakan tahun emas kemerdekaan 100 tahun.

Melihat hal ini Danone Indonesia bersama Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncurkan buku panduan Generasi Sehat Indonesia (GESID). Panduan GESID untuk ditujukan untuk mempersiapkan generasi emas bebas stunting. Buku panduan ini juga berisi informasi kesehatan berupa edukasi gizi dan kesehatan remaja, anemia, malnutrisi, bagaimana mengatasi body image pada remaja, pendidikan kharakter, isi piring ku, dll.

Untuk memerkenalkan buku panduan GESID maka Danone menyelenggarakan webinar launching Program GESID (Generasi Sehat Indonesia) bertemakan 'Edukasi Gizi dan Kesehatan bagi Remaja SMP dan SMA' yang diselenggarakan, senin 14 Desember 2020. Webinar ini pun dapat disaksikan di Channel Youtube Danone Indonesia.

Kegiatan webinar ini menghadirkan Drg. Kartini Rustandi, M.Kes  (Sesditjen Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI), Prof. Dr. Ir. Sri Anna Maryati, Msi ( Ketua Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB), Vera Galuh Sugijanto (VP general Secretary Danone Indonesia), Karyanto Wibowo (Sustainable Development Director Danone Indonesia) dan Sharla Martiza (Pemenang The Voice Kid 2017, Siswi SMA). 

Deskripsi : Drg. Kartini Rustandi, M.Kes (Sesditjen Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI) memberikan keynote speech launching Program GESID I Sumber Foto : Danone
Deskripsi : Drg. Kartini Rustandi, M.Kes (Sesditjen Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI) memberikan keynote speech launching Program GESID I Sumber Foto : Danone
Webinar dibuka oleh Drg. Kartini Rustandi, M.Kes  (Sesditjen Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI), dalam kata sambutannya " Arah perbaikan gizi adalah bagaimana kita meningkatkan mutu gizi baik perseorangan maupun masyarakat" jelasnya

Tambahnya, peningkatan kesehatan melalui perbaikan pola komsumsi makanan sesuai dengan gizi seimbang, perbaikan perilaku sadar gizi, aktifitas fisik dan kesehatan yang penting bagi anak-anak kita, kemudahan akses sesuai ilmu dan teknologi, dan yang terpenting sistem kewaspadaan pangan dan gizi.

Lanjut drg. kartini, satu hal yang perlu kita perhatikan di masa Pandemi Covid-19 kita perlu tetap sehat dan produktif, untuk itu menjaga asupan gizi amat penting. Kamenkes RI mengapresiasi, mendukung dan menyambut baik buku panduan Generasi Sehat Indonesia (GESID).

Foto: Danone
Foto: Danone
Vera Galuh Sugijanto (VP general Secretary Danone Indonesia) mewakili Danone Indonesia menjelaskan bagaimana para remaja saat ini akan diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi mendatang yang sehat,dan cerdas. 

"Danone memiliki visi One Planet One Health kami percaya bahwa kesehatan manusia dan kesehatan bumi berhubungan sangat erat. Kami (Danone Indonesia) termotivasi untuk berkontribusi dalam bidang nutrisi, kesehatan dan lingkungan'' tegasnya di kegiatan webinar (14/12/2020).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x