Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 50 x Prestasi Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Blogger terpilih Writingthon 2020 email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Clothing Line "Recovery Clothing" Jual Kaos Berkonsep Sociopreneur

29 Juli 2019   23:11 Diperbarui: 3 Agustus 2019   22:25 244 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Clothing Line "Recovery Clothing" Jual Kaos Berkonsep Sociopreneur
Deskripsi : Pemulihan (recovery) dapat tubuh dalam kegiatan positif I Sumber Foto : Recovery Cloathing

Sekitar 6 (enam) bulan yang lalu, pada bulan desember 2018 seorang teman di tempat kerja daku di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta menyampaikan sesuatu yang membuat ku tersentuh. Nama panggilan pria ini "Kiki" seorang konselor adiksi di unit rehabilitasi narkoba RSKO Jakarta.

Kiki mengutarakan niatnya untuk menyisihkan rezeki dari hasil usaha yang dia bangun bersama rekan-rekan nya untuk gerakan Coin Untuk Pendidikan 'Coin A Chance' dropzone RSKO Jakarta.

Kiki berucap "Bro Agan (panggilan daku) klo ada hari perhitungan coin (Coin Collecting Day), gue dikasih tau yaks. Mau ngasih donasi buat gerakan Coin A Chance"

"udah masukin aja di celengan Coin A Chance kayak biasanya" ucap daku

Sambil menatap ia menyampaikan sesuatu "Gue, broy, fani ada punya usaha dengan nama Recovery Clothing yang menjual kaos dimana sebagian keuntungan disisihkan untuk donasi, salah-satu nya Coin A Chance RSKO Jakarta yang kami pilih" ungkapnya dibulan desember 2018.

Ternyata Kiki dan tim Recovery Clothing ingin memberikan donasi secara simbolis agar ada bukti bagi pelanggan yang membeli kaos dari usaha nya itu. Dokumentasi penyerahan donasi sebagai cara transparansi kepada pelanggan bahwa konsep sociopreneur yang mereka usung memang benar-benar dijalankan.

Deskripsi : Penyerahan Donasi Recovery Cloathing kepada gerakan Coin Untuk Pendidikan (Coin A Chance) dropzone RSKO Jakarta I Sumber Foto : Recovery Cloathing
Deskripsi : Penyerahan Donasi Recovery Cloathing kepada gerakan Coin Untuk Pendidikan (Coin A Chance) dropzone RSKO Jakarta I Sumber Foto : Recovery Cloathing
Entah kenapa daku dalam 3 (tiga) kali Coin Collecting Day kelupaan menyampaikan kepada Kiki. Baru pada Coin Collecting Day bulan Juni 2019, daku pun menyampaikan kepada Kiki, kemudian Broy (owner Recovery Clothing) memberikan donasi secara simbolis kepada kami gerakan Coin A Chance dropzone RSKO Jakarta.

Deskripsi : M. Rizki Ferdi (Kiki)Pendiri/ founders Recovery Cloathing I Sumber Foto : Recovery Cloathing
Deskripsi : M. Rizki Ferdi (Kiki)Pendiri/ founders Recovery Cloathing I Sumber Foto : Recovery Cloathing
Daku pun tertarik mengapa Recovery Clothing berkonsep sociopreneur. Kiki mengungkapkan memang dalam hidup kita butuh uang tetapi hidup juga butuh berbagi dengan orang lain yang membutuhkan, itulah keseimbangan hidup".

Kaos yang dijual oleh Recovery Clothing dipatok dengan harga Rp.110.000,-dimana dari keuntungan disisihakan Rp.5000,-per kaos digunakan untuk donasi. Selain donasi untuk Coin A Chance, juga disedekahkan kepada anak-anak jalanan, anak yatim dan para janda.

Apa yang dilakukan oleh Kiki dan tim Recovery Clothing merupakan contoh sifat masyarakat Indonesia yang terkenal suka menolong sesama, ini cocok sekali dengan sociopreneur. Nilai sosial yang melekat dalam kehidupan sehari-hari merupakan modal dasar dari tumbuhnya wirausaha yang berbasis sosial di Tanah Air Indonesia

Sociopreneur adalah usaha atau bisnis yang tidak hanya mengambil keuntungan semata, ada unsur sosial di dalamnya. Usaha yang tidak hanya bertujuan untuk mencari keuntungan saja, juga berkontribusi dalam kesejahteraan banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x