Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 45 kali winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, content writer/blogger, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Ribuan Pesepeda Menyerbu Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Ada Apakah Gerangan?

14 November 2018   17:10 Diperbarui: 15 November 2018   05:45 1096 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ribuan Pesepeda Menyerbu Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Ada Apakah Gerangan?
Deskripsi : Ribuan Goweser Menyerbu RSKO Jakarta I Sumber Foto : dokpri

"Dua sepeda roda dua tolong dibagi-bagi aja buat sepotong-sepotong" canda Ibu Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Menteri Kementerian Kesehatan RI ketika menyambut para pesepeda yang finish di RSKO Jakarta (11/11/2018).

Pagi hari di hari minggu, 11 november 2018, daku dan beberapa teman lainnya sudah berada di RSKO Jakarta. Jam menunjukkan pukul 06.30 WIB ketika daku keluar pintu besi Unit Rehabilitasi Napza. Terlihat para pegawai berbaju biru dongker hilir mudik didepan daku. Mereka masih tampak semangat walaupun sehabis begadang. Tanpa perintah mereka berjalan menuju area parkiran dan Lobby menyiapkan sebuah event besar bagi RSKO Jakarta.

Suara wanita dari jarak 100 meter memanggil "Gan, tolong persiapkan alat musik ke panggung di parkiran RSKO". Mata ini pun melihat sekeliling mencari kawan yang bisa membantu membawa alat-alat musik dikirim ke atas panggung. Dua orang Cleaning Service, dua orang security, dua orang staff Rumah Tangga dan seorang staff IPSRS membantu membawakan alat-alat musik tersebut.

Bisa dibilang minggu, 11 november 2018 merupakan hajatan besar tempat kerja daku di RSKO Jakarta. Ribuan orang menyerbu RSKO Jakarta dari Kantor Pusat Kementerian Kesehatan menggunakan ayunan kaki menggenjot sepeda. Melayani pasien 300 orang saja membuat lahan RSKO Jakarta terasa penuh sesak. Apalagi bila 1.700-an orang membawa sepeda menyerbu,...bisa kalian bayangkan !!!

RSKO Jakarta hanya memiliki luas 1,7 hektar dimana lahan parkir hanya sekitar 20 % dari luas tanah. Sebagai fasilitas kesehatan berstatus rujukan nasional yang melayani para korban narkoba untuk dilakukan pengobatan dan pemulihan prilaku, sebetulnya minimal memiliki luas tanah 3 hektar. Bahkan sebaiknya dikisaran 5 hektar itu akan lebih baik, apalagi bila ada event yang menghadirkan banyak orang seperti fun bike dan rutin mendapatkan kunjungan study tour.

Sekitar 1.700-an peserta Fun Bike dari berbagai kalangan turut memeriahkan kegiatan sepeda sehat dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI, Minggu  (11/11/2018) dengan menempuh rute 25 km. Terdaftar 58 komunitas / group sepeda dan 35 fasilitas kesehatan ikut meramaikan kegiatan fun bike HKN 54 yang finish di RSKO Jakarta yang terletak di jalan Lapangan Tembak no.75, Jakarta Timur.

Fun Bike HKN ke 54 tahun 2018 bertema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita"sebagai panitia pelaksana yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan terdiri dari 4 (empat) Rumah Sakit yaitu ; RSKO Jakarta, RS Dr. Marzoeki Mahdi, RSPI Prof.Dr.Sulianti Saroso dan RSUD Pasar Rebo. Keempat rumah sakit ini bersinergi melayani 1.700-an peserta fun bike yang terdaftar.


Sementara itu, Prof.Dr.Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek SpM (K) selaku Menteri Kesehatan RI menyambut baik adanya kegiatan ini. Kepada para goweser dan masyarakat yang hadir di RSKO Jakarta, Minggu (11/11/2018) beliau menyampaikan dalam sambutan "Orang Indonesia harus sehat, saya rasa kegiatan pagi hari ini yakni fun bike begitu bagusnya. Karena memang kita telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) salah-satunya aktivitas fisik. Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 54 diselenggarakannya fun bike yang start di Kemenkes Pusat kemudian Finish di RSKO Jakarta yang berjarak 25 km" ucap dengan penuh senyum.

Turut hadir dalam penyambutan peserta fun bike sepeda sehat HKN ke 54 tahun 2018, drg.Oscar Primadi MPH - Sekretaris Jenderal Kemenkes, Para Direktur Jenderal, Kepala Badan Kemenkes, Staff Ahli Menteri, Perwakilan Walikota Jakarta Timur, Pejabat Struktural di lingkungan Kemenkes, dan Pejabat Lintas Sektor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x