Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Penyuluh KesMas,admin Coin Pendidikan (Coin A Chance) RSKO Jakarta, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member 2016, kaskuser, content creator

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Belajar Menulis Artikel yang SEO Friendly 2018

11 September 2018   21:58 Diperbarui: 12 September 2018   12:12 0 8 6 Mohon Tunggu...
Belajar Menulis Artikel yang SEO Friendly 2018
Deskripsi : Belajar Artikel Yang SEO Friendly 2018 bersama teman2x Blogger Komunitas Indonesian Social Blogpreneur yang berkerjasama dengan CNI Indonesia I Sumber Foto : dokpri

Sebagai umat muslim , daku memahami pertama kali ayat Al-Qur'an yang diturunkan yaitu Iqro. Para ustad pada saat daku belajar mengaji menyampaikan bahwa pengertian dari Iqra ialah Bacalah.

Namun, kita tidak bisa secara saklek memberi pengertian bahwa Iqra berdasarkan kata 'baca'. Guru agama daku berkata bahwa arti Iqra sejatinya agar kita selalu belajar. Membaca bukan berarti membaca buku / tulisan saja, salah-satunya contohnya belajar menulis artikel yang SEO Friendly 2018.

Ketika daku melihat flayer Blogger Gathering "SEO Zaman Now" yang diadakan pada tanggal, 9 september 2018, bertempat di Plaza Festival diselenggarakan oleh komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dan CNI Indonesia, daku tertarik untuk mendaftar dan belajar. Dalam teknologi digital, perkembangan teknologi begitu cepat berkembang dan berubah. Salah-satu yang saat ini berkembang dan berubah ialah Search Engine Optimization (SEO). 

Dalam kegiatan blogger gathering ada 2 (dua) topik yang dibahas yakni pengetahuan menyangkut SEO dan bagaimana mengatur keuangan bagi freelence. Pada saat diri kita menjadi seorang Blogger Monetize (blogger yang monetize blog nya menjadi sumber penghasilan), pengetahuan SEO ketika membuat artikel (blogpost) dan pengaturan keuangan sangatlah penting.

Deskripsi : Liswanti Pertiwi (Ceu Lis) memberikan pemahaman pentingnya mengatur keuangan bagi freelence I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Liswanti Pertiwi (Ceu Lis) memberikan pemahaman pentingnya mengatur keuangan bagi freelence I Sumber Foto : dokpri
Liswanti Pertiwi yang bergerak sebagai Finance Blogger, konsultan keuangan dan wedding organizer menyampaikan "Mengatur keuangan bagi freelence haruslah disiplin dan jangan lupakan menabung dan sedekah. Menabung itu bukan sisa pendapatan tetapi pendapatan lebih dulu dipotong untuk menabung" pesannya kepada kami blogger yang hadir di Blogger Gathering kerjasama CNI dengan Komunitas ISB di Plaza Festival (9/9/2018). 

Blogger berhijab ini menambahkan bahwa seorang freelence harus membuat neraca arus kas atau cash flow statement yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan dalam satu periode. Bahkan ceu Lis (panggilan Liswanti Pertiwi) menganjurkan untuk selalu menyimpan, mengumpulkan dan mencatat bon/kwitansi pengeluaran uang ke dalam catatan neraca arus kas.

Bagimana freelence seperti Blogger Monetize mendapat penghasilan yang kemudian dapat di organize seperti yang Ceu Lis sampaikan, salah-satunya memiliki web / blog atau blogpost yang kuat terlacak search engine. Untuk itu seorang blogger monetize harus memahami SEO (Search Engine Optimization).

Search Engine Optimization yaitu bagaimana kita mengoptimalisasi / melakukan tindakan yang kita lakukan pada website / blog maupun blogpost agar mudah terindex di halaman pertama mesin pencari. Gampang-nya yakni ketika seseorang mencari informasi di search engine dengan mengetik kata misal 'Bisnis CNI' maka search engine akan menunjukkan web / blog atau artikel yang kita buat dengan kata kunci 'Bisnis CNI' di halaman pertama Google.

Bagi daku yang menggunakan social media blog seperti Kompasiana, daku pun mendaftarkan diri di Blogger Gathering yang bertemakan 'SEO Zaman Now' lebih kepada belajar algoritma terbaru SEO ditahun 2018 untuk blogpost / artikel.

Sudah menjadi pembicaraan para blogger bahwa saat ini algoritma SEO oleh search engine Google telah berubah tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena memang Algoritma SEO ini acapkali mengalami perubahan besar, yang pertama kali 2001, lalu tahun 2008, kemudian sepuluh tahun setelahnya 2018.

Daku pun pernah membuat Artikel dengan SEO friendly dalam memperkenalkan produk CNI Nutrimoist Krim yakni 'Tindakan Kita Sebaiknya Ketika Tersiram Air Panas (DISINI)'. Tulisan ini diganjar artikel kesehatan populer ke 2 di platform Kompasiana untuk tahun 2017 dengan tingkat keterbacaan sebanyak ; 131.434 viewer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4