Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academi 2018, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, content writer/blogger.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Tips Mendapatkan Rezeki Blog Competition Menggunakan Platform Kompasiana

8 September 2018   14:33 Diperbarui: 8 September 2018   16:20 0 20 11 Mohon Tunggu...
Tips Mendapatkan Rezeki Blog Competition Menggunakan Platform Kompasiana
Deskripsi : Blog Competition saat ini banyak beredar dan dapat dijadikan jalan meraih pendapatan I Sumber Foto : olah digital pixabay & kompasiana

Blog saat ini tidak hanya menjadi diary bagi para bloggers (user platform blog) saja. Platform menulis via media online ini telah berkembang lebih jauh menjadi tempat bagi seorang individu menyampaikan opini kepada banyak orang, pertemanan, bertemu koneksi, brand content placement, pay per click Google Adsend, job review, personal branding, mengikuti blog competition dll.

Daku menjadi seorang penulis di dunia maya dan Blogger sejak 2009 menggunakan platform Blogspot dan Kaskus. Saat itu daku hanya baru menuangkan opini saja dan jejak perjalanan ketika travelling. Pada tahun 2010 daku mulai kenalan dengan platform social media blog 'Kompasiana", berujung daku tidak menulis lagi di Blogspot dan Kaskus. Namun, Kaskus masih daku gunakan sebagai sumber rezeki dari usaha Jual beli online.

Awalnya daku menggunakan Kompasiana sebagai tempat daku menceritakan kisah perjalanan ke beberapa daerah baik secara pribadi maupun komunitas. Selain itu Kompasiana daku gunakan untuk penyuluhan kesehatan dan informasi menyangkut penyalahgunaan obat / narkoba serta program rehabilitasi narkoba.

Pada tahun 2015, daku mulai mencoba Blog Competition. Pertama kali yang daku ikuti ialah blog competition untuk berkesempatan menikmati Pulau Bidadari dan 3 Pulau Sejarah di kepulauan seribu yang diselenggarakan oleh Kompasiana dan Kementerian Pariwisata RI. Saat itu terpilih 20 (dua puluh) Kompasianers dari tulisan-tulisan bertemakan pariwisata.

Setelah mendapatkan rezeki blog competition Pulau Seribu itu daku sangat tertarik bila ada Blog Competition lagi. Alhamdulillah Alloh SWT memberi rezeki dari Blog Competition sebanyak 30 (tiga puluh) kali. Rezeki itu dari juara I, Juara bersama, juara II, juara III, juara favorit, juara harapan, penulisan tercepat dan apresiasi jumlah viewer.

Beberapa lomba blog tersebut ; Lee Cooper “Make To Be Different”, OPPO F3, Foto Essai Hari Pahlawan, Qlue, Festival Permata Hijau, Menyambut Juara Binaragara, Flash blogging Cinta Produk Indonesia, Ride Sharing Uber, Beyond Blogging Kompasiana, Peluncuran Produk dan Indentitas Baru Kompasiana, KPK Trip Menjelajah Kuliner Bogor, Podomoro 2017, Axa Financial, PALYJA-Demi Air, Review Film Surat Cinta Untuk Kartini, Taman Safari Prigen, Soul Of Bandung-SMESCO, V-Kool, Big Bang Show, Akademi Menulis PLN, Content Marketing” – CNI, Apresiasi CNI terhadap Artikel Kompasiana rubrik kesehatan populer ke II, Blog Trip Dompet Dhuafa, 20 blogger tulisan terbaik Pesona Bahari Kompasiana-Kementerian Pariwisata, Asmara Ditengah Bencana 2 -BNPB, Bank Ganesha, Hokben Blogger Gathering Jakarta, Minyak kayu Putih Aromatheraphy, Potensi Industri Halal Indonesia-Kementeria Agama RI, Zonasi Pendidikan-kementerian kebudayaan & Pendidikan.

Rezeki Blog Competition itu dari yang diselenggarakan Kompasiana & patners maupun agency dan brand. Hadiah yang didapatkan dari Gadget, Voucher belanja, uang, dan barang lainnya. Nah, daku akan memberi tips bagaimana mendapatkan rezeki dari blog competition menggunakan platform Kompasiana.

1. Hindari Hard Selling

Kompasiana sebagai platform blog dengan tagline beyond blogging memiliki aturan main dilarang promosi bisnis. Namun sebagai platform, Kompasiana sendiri membutuhkan artikel yang membahas perkembangan teknologi, trend, isu dan lain sebagainya. Secara tidak langsung Kompasiana juga membutuhlan artikel-artikel terkait kemunculan produk baru atau pengetahuan menyangkut sebuah produk dari sebuah brand.

Daku sendiri ketika menulis di paltform ini menghindarkan diri dari hard selling ketika brand tidak berkerjasama dengan Kompasiana. Solusinya kita bisa membahas value dari komposisi atau spesifikasi dari produk tersebut. 

Misal terdapat sebuah produk yang mengandung Vitamin C, maka kita bisa membahas manfaat Vitamin C bagi tubuh. Bila produk tersebut smartphone, bagaimana dapur pacu dapat mempengaruhi kinerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x