Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Pegawai Negeri Sipil , Seller Online

Penyuluh KesMas,admin Coin Pendidikan (Coin A Chance) RSKO Jakarta, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member 2016, kaskuser.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Tak Disangka Indonesia Memiliki "Kereta Perang Iblis"

15 April 2018   17:30 Diperbarui: 29 Mei 2018   22:41 1653 1 0
Tak Disangka Indonesia Memiliki "Kereta Perang Iblis"
Deskripsi : penampakan kereta perang iblis, Mi 35 P I Sumber Foto : aviapress.com

Sebagai sebuah negara yang berdaulat tidak terbantahkan membutuhkan alutsista yang mempuni dan memiliki daya getar. Salah-satu alutsista yang amat penting dalam transportasi udara ialah Helikopter selain pesawat terbang. 

Alat angkut udara yang memiliki baling-baling ini tidak hanya untuk transportasi, angkut personel, dan angkut barang tetapi sudah ber-transformasi menjadi alat militer yang mampu dapat menghancurkan target. Kehadiran helikopter tidak hanya mengubah sejarah penerbangan, namun juga merevisi taktik pertempuran. Helikopter tempur mampu memberi sokongan bantuan udara yang dapat memenangkan sebuah pertempuran.

Indonesia pada Tahun 2010 melengkapi alat militernya dengan helikopter Mi-35P yang merupakan pengembangan dari helikopter legendaris Mi-24 Hind. Sang legenda ini memiliki julukan yang menyeramkan "Kereta Perang Iblis". Bahkan sebutannya tidak hanya itu saja, mesin perang ini pun memiliki julukan 'Tank Terbang' dan Krokodil From The East. Penyubutan panggilan / julukan terdengar menakutkan.

Film Rambo salah-satu faktor membuat helikopter ini menjadi terkenal dan ditakuti. Ketika Rambo dikirim ke Afghanistan, helikopter ini salah-satu musuh utama sang jagoan. Walaupun bukan wujud asli Mi-24 Hind yang ditampilkan tetapi sang sutradara film Rambo memodifikasi helikopter super puma yang diberi sayap agar mirip dengan sang kereta perang iblis. 

Senjata Yang Menggantung di Kereta Perang Iblis

Armada helikopter tempur Mi-35P-Hind E dari Rusia ini akhirnya melengkapi Skadron 31/Serbu Penerbad pada tahun 2010. Kehadirannya tidak seperti macan ompong tetapi sudah dipersiapkan dengan senjata. Sang kereta perang iblis pada saat pembelian memasukkan paket senjata rudal anti tank. Rudal tersebut bernama AT-9 Spiral-2 yang bisa dibilang membahayakan untuk musuh yang dilengkapi Tank. 

Deskripsi : Mi 35P yang dimiliki skadron 31 heli serbu I Sumber foto : hobbymiliter.com
Deskripsi : Mi 35P yang dimiliki skadron 31 heli serbu I Sumber foto : hobbymiliter.com
Rudal AT-9 Sprial-2 ini merupakan rudal anti Tank yang sengaja di rancang untuk basis peluncuran dari udara. Sistem pemandu rudal AT-9 Spiral-2 yaitu SACLOS (Semi Automatic Command to  Line of Sight), di mana operator mesti membidik tujuan hingga rudal  berhasil mengenai target, jalur kendalinya berbentuk tanda radio dan dapat melakukan tembakan fire and forget. Kelebihan lain dari AT-9 Spiral 2 dilengkapi fitur anti jammer.

Selain itu helikopter gahar ini memiliki gun pods yang berfungsi menggantung senjata disayap. Untuk gun pods sendiri mampu membawa dua kanon kanon standard GSh-30K-2 kaliber 30mm. Selain gun pods tersedia pula rocket pods yang dapat membawa tabung roket S-5 57 mm dengan 32 roket dan s-8 80 mm dengan 20 roket. Untuk target besar ada kaliber 122mm dengan lima roket atau roket raksasa s-24 240mm. 

Persenjataan dicantelan sayap, Hind (sebutan bagi Mi 24 & variannya) mengakomodasi 6 cantelan dengan kapasitas bopong senjata 1.500 kg. Jenis senjata yang digantung pun bisa beragam. Bahkan helikopter ini dapat membawa bom KAB-250, ranjau, tanki reservoir gas syaraf, roker raksasa 250mm, sampai fuel air bomb (FAB) yang digunakan memusnahkan musuh yang berada didalam goa.

Deskripsi : Senjata2x yang dapat dipasang disayap Mi 35P TNI AD I Sumber Foto : weaponstechnology.blogspot.co.id
Deskripsi : Senjata2x yang dapat dipasang disayap Mi 35P TNI AD I Sumber Foto : weaponstechnology.blogspot.co.id
Sang legenda ini dihormati karena mampu mengemban berbagai misi. Apabila misi yang diemban anti gerilya, helikopter serbu ini menggontong dua tabung roker 57/80mm yang dipadu dengan pod cannon UPK-25-50 23mm, serta rudal anti tank Falanga-P. Jika lapis baja yang dihadapi, maka tabung roket dinaikkan spesifikasinya ke kaliber 122mm. Adapun rudal anti tank yang dibawa berupa AT-6 Spiral / AT-9 Spiral yang mampu menembak tank sampai jarak 6 km.

Dengan persenjataannya ini terbukti Hind mampu memberi efek getar dan terlihat sangar di perang Afghanistan. Bahkan para pejuang Mujahidin yang gagah berani memberikan hormat kepada monster terbang ini hingga menjulukinya "Shaitan Arba" alias Kereta Perang Iblis. 

Kekebalan Tank Terbang

Sovyet atau Rusia mampu menggabungkan kemampuan antara helikopter angkut dengan helikopter serbu. Hind merupakan contoh nyata. Bahkan kemampuannya pun teruji di medan perang. Layaknya APC (Armored Personel Carier), Hind mampu melindungi dan membawa pasukan infantri ke tujuan. sedangkan Hind dapat berperan sebagai MBT (Main Battle Tank) yang memiliki persenjataan yang menghancurkan musuh.

Jika Hind melakukan peran sebagai tank terbang, kompartemen kargo berubah fungsi menjadi tempat amunisi cadangan atau sel bahan bakar. Pada saat pertempuran, Hind untuk efektifitas medan tempur bisa mengisi persenjataan dibelakang garis depan . Lalu, tank terbang ini dapat bermanuver kembali mencari sasaran. Helikopter yang ukurannya lebih kecil dari pesawat angkut dapat bermanuver lebih lincah sekaligus dapat memberikan perlindungan bagi infantri yang sedang berada di landing zone.

Sebagai tank terbang, Hind maupun variannya memiliki kompartemen kargo yang mampu membawa delapan pasukan dengan peralatan lengkap. Pasukan didalamnya tidak perlu khawatir, kompartemen pasukan ini sepenuhnya dilindungi plat baja yang didesign dengan sistem modular alias bisa lepas pasang. 

Kokpit sang tank terbang yaitu kokpit tandem yang dilindungi lapisan bahan anti peluru. Urusan perlindungan bagi penerbang, kokpit dilindungi lapisan baja titanium dan kaca khusus kevlar yang mampu menahan terjangan senapan mesin 12.7 mm. Selain itu juga memberikan perlindungan dalam perang Nubika (Nuklir, Biologi, dan Kimia). Kemampuan ini sudah dibuktikan ketika varian G-1 diterbangkan untuk mengumpulkan sampel udara dalam musibah kebocoran reaktor nuklir Chernobyl tahun 1986.

Penciuman Krokodil From The East

Sebutan Krokodil memang  tidak sepopuler Hind, Tank Terbang dan Kereta Perang iblis. Apabila dilihat ketika muncong helikopter kebawah dalam posisi menyerang, bentuknya terlihat sangar dan menyeramkan bagaikan buaya. Ugly War Machines bisa dibilang itu kenapa dijuluki Kereta Perang iblis. Ada julukan lain pula yang kurang populer yaitu "glass" dikarenakan kaca rata yang menelilingi tiga tempat di kokpit.

Deskripsi : penampakan kokpit pilot Mi 35P I Sumber Foto : pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id
Deskripsi : penampakan kokpit pilot Mi 35P I Sumber Foto : pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id
Deskripsi : penampakan kokpit gunner Mi 35P I Sumber Foto : pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id
Deskripsi : penampakan kokpit gunner Mi 35P I Sumber Foto : pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id
Untuk kokpit depan menjadi milik WSO / Gunner, sementara bagian belakang menjadi milik pilot supaya bidang pandangnya tidak terhalang. Pada beberapa varian, kokpit gunner juga dilengkapi dual control untuk keadaan darurat. Alat berbentuk joystick dapat dilipat bila tidak digunakan. 

Buaya ini memiliki teknologi Low Light Television (LLTV), laserrange finder dan forward looking infra red (FLIR) dimana sensornya terletak didagu sebelah kiri. Pada dagu sebelah kanan terdapat sensor Raduga-F SACLOS (Semi Active Command Line of Sight) ntuk mengendalikan rudal Falaga-P.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2