Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Pegawai Negeri Sipil , Seller Online

Penyuluh KesMas,admin Coin Pendidikan (Coin A Chance) RSKO Jakarta, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member 2016, kaskuser.

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Setelah 4 Tahun Akhirnya "Honor" Mendarat di Indonesia

29 Maret 2018   12:47 Diperbarui: 29 Maret 2018   13:33 621 3 3
Setelah 4 Tahun Akhirnya "Honor" Mendarat di Indonesia
Deskrepsi : Launching kehadiran Smartphone Honor di Indonesia I Sumber Foto : Andri M

Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan primer generasi milenial, X, dan Kids Zaman Now. Mereka tidak bisa kemana-mana bila smartphone lepas dari genggaman. Berasa hidup hampa tanpa smartphone itu mungkin yang dirasa oleh manusia modern saat ini. Bayangkan saja hampir segala segi aktifitas saat ini berhubungan dengan ponsel pintar ini.

Smartphone menjadi begitu jaya saat ini karena mengawinkan diri dengan internet. Penduduk Indonesia termasuk salah-satu pengguna smartphone terbesar di dunia. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. 

Jumlah sebesar itu mencatatkan Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Melihat pangsa pasar yang besar itu akhirnya Vendor ponsel pintar asal China, Honor, resmi memasuki pasar Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Honor memboyong 3 ponsel andalan dari berbagai segmen sekaligus. Ketiga ponsel tersebut adalah Honor 9 Lite, Honor 7x, dan Honor View 10.

Deskripsi : CEO Honor, Goerge Zhao menyampaikan setelah 4 tahun Honor lahir, tahun ini hadir di Indonesia I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : CEO Honor, Goerge Zhao menyampaikan setelah 4 tahun Honor lahir, tahun ini hadir di Indonesia I Sumber Foto : Andri M

Bisa dibilang Indonesia adalah "raksasa dunia digital yang sedang dibangunkan". Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa adalah pasar yang besar. CEO Honor, George Zhao, mengatakan di acara launching Honor di Indonesia "setelah berdiri selama 4 tahun, tahun ini Honor merambah pasar Indonesia. Selama ini kami melihat potensi Indonesia dengan 150 juta pengguna internet dan akhirnya hadir untuk menemani kaum muda Indonesia," ujarnya di salah-satu hotel dibilangan Kuningan, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Pertumbuhan jumlah konsumen muda yang melek teknologi semakin pesat, membuat mereka menjadi bidikan pangsa pasar bagi para pelaku industri smartphone. Tiga ponsel yang akan dinikmati yaitu Honor 9 Lite, Honor 7X, dan Honor View 10, memiliki rentang harga yang berbeda-beda disesuaikan dengan segmennya.

Honor menyasar kalangan anak muda. Untuk itu hadirnya di Indonesia turut mengajak brand ambassador-nya yakni penyanyi Australia Lenka. Seperti lagu yang dibawakan, We Are The Brave. Honor ingin menjadi brand yang digandrungi oleh anak muda. Mereka kaum muda dianggap bagian dari value brand Honor dan ingin selalu tumbuh bersama dengan young people ungkap Goerge Zhao

Bila dilihat dari harganya, Honor 9 Lite dan Honor 7X menyasar segmen kelas menengah dan Honor View 10 sebagai smartphone segmen papan atas. Walaupun antara Honor 9 Lite & 7x dengan Honor View 10 memiliki rentang harga lebih dari 2 kalinya, secara spesifikasi dasar keduanya cukup mempuni. Ketiganya sudah menggunakan face unlock dan finger print.

Deskripsi : Honor 9 Lite yg didesign untuk anak muda I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Honor 9 Lite yg didesign untuk anak muda I Sumber Foto : Andri M

Honor 9 lite akan jadi andalan untuk sektor fotografi dengan memiliki empat kamera yakni dua di depan dan dua di belakang. Masing-masing beresolusi 13 megapixel dan 2 megapixel. Dua kamera didepan bukan untuk wide angle tetapi lebih pada fungsi effect bokeh yang dapat dipindah dari 2 (dua) object yang tertangkap. 

Deskripsi : Hasil foto selfie Honor 9 Lite I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Hasil foto selfie Honor 9 Lite I Sumber Foto : Andri M

Deskripsi : Hasil foto bokeh kamera belakang Honor 9 Lite I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Hasil foto bokeh kamera belakang Honor 9 Lite I Sumber Foto : Andri M

Ponsel pintar dengan harga terjangkau ini telah mengusung layar 5,65 inch dengan resolusi 2160 x 1080 pixel dengan kepadatan mencapai 428 ppi per inchi sehingga mampu menyuguhkan tampilan gambar lebih jernih dan tajam. Layar menggunakan panel IPS LCD Capacitive Touchscreen berkedalaman hingga 16.7 juta warna. Layarnya hadir dengan membawakan konsep Full view display. Permukaan layarnya juga menawarkan multi touch responsif serta dibekali lapisan anti gores Corning Gorilla Glass dan kaca 2.5D Curved Glass.

User interface yang tertanam EMUI 8 berbasis Android 8.0. Bentuknya di design dengan trend yang berkembang saat ini, bezel tipis serta aspek rasio layar 18:9 agar terlihat modern. Materialnya pun terbilang pas anak muda yakni shock resistant dan back case-nya memberi effect mirror.

Dapur pacu dari Honor 9 Lite menggunakan prosesor octa core Kirin 659 dipadukan dengan RAM 3 GB serta memori internal 64 GB. Kemampuan multi tasking pun teruji dari sejumlah aplikasi atau game. Sementara untuk kualitas grafisnya sendiri dibalut oleh GPU Mali-T830 MP2 yang dapat menghasilkan grafis yang nan halus dan tidak ngelag.

Deskripsi : Honor 7x I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Honor 7x I Sumber Foto : Andri M

Deskripsi : Back case Honor 7x I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Back case Honor 7x I Sumber Foto : Andri M

Kemudian Honor 7X yang memiliki pada keunggulan spesifikasi, untuk perfoma kinerja dalamnya Huawei Honor 7x mengandalkan prosesor berperfoma gahar, meggunakan processor Krin 659 Octa Core, berkecepatan 2.36 GHz, yang diperkuat dengan GPU Mali-T830 MP2 sebagai pengelola grafisnya. Ngacir buat main games.

Selain itu ada jagoan berikutnya Honor View 10 yang menonjolkan kemampuan artificial intelligence (AI). Berbeda dengan dua produk lainnya, khusus untuk Honor View 10 dilengkapi dengan kamera yang dapat mengenali objek yang dipotret. Smartphone ini dapat mengenali 13 objek berbeda kemudian AI akan membuat smartphone menghasilkan foto yang sesuai kharakteristik objek tersebut. 

Deskripsi : Honor view 10 yg menggunakan Artificial Intelligence I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Honor view 10 yg menggunakan Artificial Intelligence I Sumber Foto : Andri M

Bahkan Honor View 10 memiliki kemampuan alih bahasa dengan cukup memotret bahasa asing tersebut yang didukung teknologi NPU. Tidak hanya itu saja, ponsel pintar ini mampu menjadi alat perintah suara bagi drone untuk terbang dan bermanuver. Kecanggihan Honor View 10 menurut Goerge Zhao mampu meningkatkan performa optimasi respon smartphone hingga 60 % lebih cepat dan operasional lebih mulus 50 % lebih baik.

Honor cukup digdaya Di Tiongkok, Honor mencatatkan angka penjualan yang membanggakan. Bahkan penjualan online menjadikan Honor sebagai pesaing utama Xiaomi. Goerge Zhao dengan bangganya menyampaikan bahwa angka penjualan ponsel pintarnya mencapai 54,5 juta unit. Jutaan unit itu membuat Honor memperoleh pendapatan sekitar 78,9 juta yuan.

------ooo000ooo-------

George Zhao memberikan angin surga kepada kaum muda dengan memberikan harga yang terjangkau dilengkapai spesifikasi yang tinggi. Nantinya Honor melepas ketiga ponselnya pada rentang waktu berbeda lewat kanal pemasaran digital e-commerce. Honor 9 Lite akan tersedia pada layanan penjualan online pada 5 April 2018 melalui e-commerce, Shopee, dengan harga Rp.2.499.000. Bagi yang lincah jarinya bisa mendapatkan pada hari perdana penjualan dengan harga spesial yakni Rp.2.299.000. 

Sedangkan, Honor 7X dibanderol Rp.3.499.000 yang dapat dibeli melalui Lazada pada 25 April 2018. Sementara untuk smartphone yang paling canggih di kategori flagship yakni Honor View 10 dijual melalui, Shopee, mulai dari 16 April 2018 dengan harga Rp.7.299.000 dimana pra-order mulai 9 April 2018.

Namun, Honor belum memastikan tanggal kapan ketiga ponsel tersebut akan bisa didapatkan secara offline dan lokasi Customer Service-nya. Agar penjualan sesuai harapan, Honor bermitra dengan di antaranya Atlantic, Andalas, Sinar Mas, Sentral Suryaphone, Gadgetmart, Era 2000, PT Tele Global Indo, Platinum, dan beberapa penjual retail lainnya. 

Hadirnya Smartphone Honor membuat marak persaingan  ponsel asal Tiongkok. Honor memproklamirkan mengincar segmen anak muda yang sebetulnya sudah menjadi rebutan vendor lain. Kalau bicara anak muda Indonesia kebanyakan dengan dibawanya Honor 9 lite & Honor 7x masih terbilang terjangkau karena daya beli dikisaran harga tersebut. Untuk daya beli anak muda kelas menegah Keatas, Honor harus berkerja keras mempromosikan produk Honor view 10 yang pastinya akan bertempur dengan produk-produk dari OPPO dan Samsung. 


Salam Hangat Blogger Udik - Andri Mastiyanto

Web  I  Twitter  I  Instagram  I  Email : mastiyan@gmail.com