Mohon tunggu...
Rakin  Ahsan Ramadhan
Rakin Ahsan Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Oreo Supreme dan Ketenarannya

5 Januari 2022   16:17 Diperbarui: 5 Januari 2022   16:21 1673
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(sumber : instagram.com/@oreo)

Brand apapun yang melakukan co-branding dengan brand Supreme, bakal meroket harganya, sekaligus jadi produk yang diburu konsumen. Saat ini, Oreo, produk kudapan yang dikenal konsumen Indonesia lantaran ujaran “diputar, dijilat, dicelupin”, jadi perbincangan media sosial yang mengemuka. Oreo melakukan co-branding dengan supreme, melempar produk kolaborasi ke pasar. Produk tampil dalam wujud lazimnya, lempeng ornamen berukir yang mengapit krim gula putih. Biasanya lempeng itu berwarna hitam, namun tampil bersama Supreme, warnanya jadi merah. Ini sesuai warna identitas Supreme. Co-branding juga ditandai dengan adanya nama Supreme pada tiap lempeng biskuit. Oreo dengan Supreme, menghasilkan penjualan dengan harga yang terbilang tak masuk akal.

Menurut catatan Forbes, per bungkus Oreo di eBay, ada yang menawar hingga US $ 96.100, atau setara dengan Rp 1,4 miliar. Sedangkan CBR.com, masih dalam laporan Perez di atas, menyebut Oreo yang biasa dijual seharga US$ 3, atau setara dengan Rp 45.000 per bungkus, di eBay dibanderol dengan harga US$ 18.000. Itu artinya Rp 269 Juta per bungkus. Apakah ada yang membeli ? Nyatanya antri, sebab untuk mendapatkannya tak mudah, saking diperebutkan banyak pemburu.

Sejak kemunculannya di tahun 1994, Supreme selalu berhasil membuat antrean panjang di setiap peluncuran produknya. Brand fashion yang terkenal di kalangan remaja dunia ini seakan tak pernah berhenti mengeluarkan inovasi. Baru-baru ini, Supreme berani menggangdeng Oreo untuk berkolaborasi membuat biskuit Oreo berubah warna menjad merah. Di kutip dari ebay, harga Oreo Supreme sangat bervariasi mulai dari Rp 109 ribu hingga yang fantastis mencapai $1500 atau setara Rp 20 juta. Lantas, apa yang membuat Supreme begitu populer di pasar dunia.

1. Menciptakan brand image yang eksklusif

Tak beda jauh dengan Apple, kepopuleran Supreme di dunia juga berkat branding yang mereka lakukan lewat strategi pemasaran. Strategi pertama yang dilakukan adalah membangun citra eksklusif.

Meski produk Supreme begitu diminati di pasaran, Supreme tidak pernah menambah jumlah produksi mereka. James Jebbia selalu pendiri Supreme secara gamblang mengatakan pada sesi wawancara bahwa "Jika kamu bisa menjual sebanyak 600 buah, kami akan memproduksinya sebanyak 400 buah".

2. Sering melakukan kolaborasi

Tidak hanya dengan Oreo, sebelumnya Supreme juga berhasil membujuk Nike, Clarks, hingga Vans untuk berkolaborasi dengan meluncurkan produk sepatu eksklusif Supreme.

3. Digunakan banyak selebritis dunia

Keberhasilan brand image yang diciptakan Supreme, membuatnya terkenal di kalangan artis. Bahkan di ajan Paris Fashion Week beberapa tahun lalu, Kanye West tampil dengan jaket keluaran Supreme. Beberapa hal di atas yang menjadikan Supreme masuk ke dalam kategori brand kelas atas dan terkenal hingga hari ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun