Mohon tunggu...
Rakhil fuadillah shahrany
Rakhil fuadillah shahrany Mohon Tunggu... Pelajar

Allah is always with us

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Guncangan Gempa di Papua 2021

12 Maret 2021   18:56 Diperbarui: 12 Maret 2021   19:01 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guncangan Gempa di Papua 2021
sciencing.com

Gempa bumi telah terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Wamena, Papua,pukul 08.16 WIB.Menurut ketua (BMKG) Bambang Setiyo Prayit menyebutkan, hasil analisis dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 5,6 ,setelah di update menjadi magnitudo 5,3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,54 LS dan 138,98 BT di Selatan Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Pusat gempa berkedalaman 24 km,gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal karena adanya aktivitas sesar lokal.guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Wamena papua (pada siang hari dirasakan oleh orang rumah). Meskipun demikian, pada saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Gempa yang di rasakan masyarakat papua, tidak berpotensi tsunami,menurut bambang menegaskan, oleh karena itu masyarakat pun diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak benar kebenarannya.

Bukan hanya itu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan masyarakat  juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak, dan pastikan bangunan tempat tinggalmu cukup menahan keras gempa, atau tidak ada kerusakan yg membahayakan kestabilan bangunan.Masyarakat papua dua kali diguncang gempa masing-masing 4,3 dan 3,3 M.

Gempa itu merangkai guncangan 4,0 M yang terjadi satu hari sebelumnya. dengan kedalaman 10 kilometer itu menyebabkan guncangan yang terasa nyata di dalam rumah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x