Mohon tunggu...
Raka Artha
Raka Artha Mohon Tunggu... -

Hanya seorang mahasiswa yang tak ada bakat menulis, ia menulis dengan jiwanya yang ikut terbawa dalam setiap tulisan yang ia tulis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tips Penting Sebelum Memperbaiki HP di Konter

25 November 2016   01:46 Diperbarui: 25 November 2016   02:10 1152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="saat rusak"][/caption]

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini handphone atau hape adalah barang yang wajib kita punya yang fungsi utamanya adalah agar memudahkan kita untuk berkomunikasi antar orang kapan saja dan dimana saja. Keberadaan hape saat ini begitu vital bagi kita, tanpa hape sulit bagi kita untuk mengabarkan seseorang baik itu keluarga, teman, atau juga pacar (Bagi yang punya). Apalagi di era saat ini tersedia berbagai jenis handphone dengan teknologi dan fitur yang ditawarkan semakin canggih. Membuat orang orang tertarik untuk membelinya.

Namun dibalik kecanggihan hape hape tersebut, semakin sulit bagi kita untuk menjaganya dengan utuh tanpa kerusakan, contohnya ketika kamu membeli handphone sangat canggih dan dibeli dengan harga yg cukup merogoh kocek yang dalam dan kamu tidak sengaja menjatuhkannya ke tanah atau keramik. Dyarrrr, handphonemu ternyata mengalami kerusakan di LCD pecah karena terbanting, berbeda dengan hape hape jadul, yang notabenenya lebih kuat dan tahan banting.

Maka bagaimana jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada hape mu? Ya biasanya orang cenderung akan memperbaikinya dari pada membeli baru. Biasanya ketika kamu tidak bisa memperbaikinya, maka kamu akan membawanya ke konter yang bisa nyervis hapemu. Nah sayangnya ketika kita memperbaikinya di konter, kadang adanya beberapa  oknum oknum konter yang curang dan tidak bertanggungjawab, contohnya saja kita dikenai biaya maha padahal biaya sparepartnya atau biaya servisnya seharusnya murah, lalu contoh lain ada juga yang mencabut bagian bagian hardware tertentu untuk kepentingan tersendiri yang membuat hape kita semakin rusak. Disini saya akan memaparkan beberapa tips agar hal hal tersebut dapat tercegahi

1. Kenali kerusakan 

Pengalaman penulis sendiri dulu ketika hape saya mengalami bootloop, saya bingung harus gimana lalu saya bawa ke konter, dan harga yang disebut cukup mahal dan mereka berpura pura memperbaikinya butuh waktu cukup lama. Setelah hape saya pulih kembali, saya mencoba cari akar permasaalahnnya di google dan ternyata cara memperbaikinya sangat mudah. Maka disini sebelum kamu membawa ke konter sangat direkomendasikan untuk mengenali kerusakannya terlebih dahulu, jika tidak tau kerusakannya tanyalah dengan konter servisnya. Tetapi alangkah lebih baik jika kamu tanya ke beberapa orang yang mengerti (Teknisi) jadi kamu bisa tau pasti apa kerusakan hapemu.

2. Perbaiki sendiri dahulu

Jika kamu cukup mahir dalam urusan hape, maka dianjurkan kamu untuk memperbaikinya sendiri terlebih dahulu, siapa tau saja hapemu hanya mengalami kerusakan kecil yang bisa kita perbaiki sendiri. Jika kamu tidak mengerti cara perbaikinya, google adalah kuncinya. Kamu tinggal mencari solusi dari masalah hapemu. Jangan malas ketika akan memperbaiki hape.

3. Survey harga

Ketika kamu tidak bisa menjalankan poin 2, otomatis kamu akan memperbaikinya kepada konter atau teknisi hape. Disini adalah poin penting, kamu jangan hanya terpatok pada satu konter, tetapi cobalah berkeliling lagi mencari harga termurah. Bisa jadi jika kamu tidak lakukan hal ini, kamu akan dikenai harga yg mahal, bahkan 2x lipat dari harga sebenarnya. Pengalaman saya sendiri mencari harga ganti LCD yang murah, ternyata harga disetiap konter bervariasi, salah satu konter tersebut ada yang mematok harga 2x lipat dari harga yang saya survey termurah.

4. Jangan terlau lama meninggalkan hape di konter

Jika menurutmu harga dari hasil surveymu sudah cocok dengan yg kamu inginkan, maka kamu harus bertanya berapa lama hape tersebut di perbaiki, saran penulis jangan meninggalkan hape tersebut lebih dari sebulan agar tidak kembali terjadi hal yang tidak diinginkan. Ambil lah hapemu tepat waktu sesuai yang diperkirakan oleh teknisi.

5. Mintalah garansi

Sebelum atau sesudah hapemu diperbaiki di konter atau teknisi tersebut, biasanya konter yang baik akan memberikan jaminan berupa garansi  entah itu lama atau sebentar. Tetapi jika konter tersebut tidak memberikan garansi, kamu harus memintanya agar ketika hapemu rusak lagi dengan kerusakan yang sama bisa kamu complain.

Intinya adalah berhati hatilah dalam memilih konter servis ketika kamu akan memperbaiki hape agar kamu tidak dicurangi oleh beberapa konter yang tidak bagus. Karena saat ini masih banyaknya orang orang yang memperbaiki hapenya di sembarang konter, tanpa memikirkan dampak harga dan lainnya. Penulis menulis tips ini karena berdasarkan pengalaman yang pernah penulis alami saat akan memperbaiki hape.

Sekiranya itu tips yang dapat penulis bagikan, apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun