Mohon tunggu...
Raka Adhyatma
Raka Adhyatma Mohon Tunggu... Personal Preference Writer

Beyong writing

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Mendapat Beasiswa Unggulan

25 September 2020   21:05 Diperbarui: 25 September 2020   21:05 46 1 0 Mohon Tunggu...

Beasiswa Unggulan (BU) atau lengkapnya sekarang disebut Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri yang diberikan Pemerintah melalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk jenjang S1, S2 dan S3.

Beasiswa ini bisa didapatkan bagi kalian calon mahasiswa yang sudah memiliki bukti diterima di perguruan tinggi ataupun bagi mahasiswa yang sedang melangsungkan perkuliahan perkuliahan maksimal semester 2 saat mendaftar.

Sebagai mahasiswa yang mengikuti proses seleksi BU pada tahun 2017, saya melihat adanya perkembangan BU setiap tahunnya. Tahun 2020 saya melihat adanya Program Prioritas NAWACITA pada beberapa bidang keilmuan seperti Pendidikan, Kurikulum, Manajemen dan Kebijakan Pendidikan, Seni Pertunjukkan, Kebudayaan, Perpustakaan, Arkeologi, Teknologi Informasi, Kebijakan Publik, Pariwisata, Industri Kreatif, Teknologi Pangan, MIPA, Maritim, Pertanian dan Energi.

Tapi jangan putus asa kalau kalian mengambil jurusan selain jurusan yang menjadi program prioritas tersebut, karena dalam akun Instagram @beasiswaunggulan_ri sempat di posting bahwa jumlah penerima BU mencapai 6200 mahasiswa dengan anggaran 198 milliar rupiah. Wah itu sangat besar yang Pemerintah berikan dan menjadi kesempatan kalian semua untuk mendapatkannya.

Pengalaman saya dalam perjalanan menjadi salah satu penerima beasiswa ini sangat menyenangkan dan menegangkan. Untuk informasi kelengkapan lebih lanjut mengenai persyaratkan administrasi kalian bisa cari di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Di sana kalian bisa dapatkan informasi detail mengenai persyaratan dan kelengkapan berkas untuk sebagai proses seleksi BU baik jenjang untuk mahasiswa baru atau mahasiswa on-going dijenjang S1, S2 dan S3.

Kalian juga bisa akses akun Instagram @puslabdik_dikbud atau @beasiswaunggulan_ri untuk dapat informasi dan update terbaru.  Selain persyaratan administrasi kalian juga akan diminta membuat proposal rencana studi meliputi rencana perkuliahan, sks per-semester hingga selesai studi, topik skripsi/tesis/disertasi, aktivitas diluar perkuliahan dan implementasi hasil studi di masyarakat.

Sedikit informasi proposal rencana studi ini sempat ditanyakan pada saat wawancara dan menurut saya pertanyaan yang ditanyakan itu sangat menilai ketegasan kalian dalam menulis rencana untuk menilai apakah kalian sungguh–sungguh dalam merencanakannya dan apakah dalam menuliskan rencana tersebut kalian sudah menetapkan check point yang menandakan bahwa kalian sedang dalam jalur yang tepat untuk mengikuti perencanaan tersebut.

Selain menulis proposal rencana stui kalian juga akan diminta menulis esai menggunakan Bahasa Indonesia mengenai kalian sebagai generasi unggul kebanggaan Indonesia.

Pada esai tersebut berdasarkan pengalaman saya, saya menuliskan mengenai alasan mengapa saya layak mendapat beasiswa tersebut dan bagaimana saya menjadi lebih unggul dan bisa dibanggakan oleh Indonesia dengan bantuan beasiswa tersebut. 

Esai ini juga akan ditanyakan pada sesi wawancara. Menurut saya, di sini dinilai kejujuran dan integritas kita dalam menulis esai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x