Mohon tunggu...
Raina Shahibah
Raina Shahibah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, saya Raina Shahibah. Saya merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pembelajaran Bahasa di Tengah Pembelajaran Jarak Jauh

25 Juli 2021   13:08 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:33 38 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pembelajaran Bahasa di Tengah Pembelajaran Jarak Jauh
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah satu tahun lamanya pandemi Covid-19 berlangsung. Hampir semua kegiatan yang semula dilaksanakan secara luring, harus dilakukan secara daring, terutama sejak adanya kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Salah satu sektor yang terkena dampaknya adalah sektor pendidikan.

Kegiatan Belajar Mengajar antara siswa dan guru terpaksa dilaksanakan secara daring. Baik guru maupun murid harus beradaptasi melakukan pembelajaran jarak jauh sampai waktu yang tidak menentu.

Guru harus merancang media pembelajaran daring dan memastikan materi yang disampaikan dapat dipahami oleh murid. Sama halnya dalam pembelajaran bahasa asing yang dilaksanakan di sekolah. Baik itu merupakan mata pelajaran wajib atau peminatan, pelajaran bahasa asing menjadi salah satu pelajaran yang memerlukan perancangan pembelajaran agar siswa mampu memahami dengan baik.

Dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI 2021 ini, mahasiswa diharapkan mampu membantu guru melakukan penguatan pembelajaran daring dan media pembelajaran. Penulis sebagai salah satu mahasiswa yang turut andil dalam hal ini membantu penguatan terhadap pembelajaran mata pelajaran bahasa asing di Sekolah Menengah Atas.

Untuk mempelajari bahasa asing, siswa bisa menggunakan berbagai media pembelajaran, baik itu aplikasi yang dibuat khusus untuk belajar bahasa seperti duolingo, memrise, busuu, dan babel, atau juga dengan berbagai media sosial di mana siswa bisa berinteraksi langsung dengan penutur asli bahasa yang dipelajari.

Namun dalam pembelajaran langsung, ada beberapa media yang bisa digunakan guru untuk membantu pembelajaran bahasa. Berikut beberapa media yang bisa membantu.

1. Quizlet

Quizlet merupakan salah satu web yang memiliki banyak fitur untuk membantu pembelajaran. Salah satunya adalah flashcard, yaitu sekumpulan kartu yang masing-masing sisi kartunya bisa dimasukkan materi. Dalam pembelajaran bahasa, quizlet ini cocok untuk melatih pembelajaran kosakata. Guru dapat menggunakan fitur flashcard untuk memasukkan kosakata dari bahasa asing ke salah satu sisi kartu, dan memasukkan arti, pengertian, atau contoh kalimat dalam bahasa Indonesia ke sisi kartu yang lainnya.  Guru juga bisa memasukkan gambar untuk membantu melatih memori siswa. Quizlet pun dilengkapi audio sehingga siswa bisa mendengar pengucapan sesuai dengan penutur aslinya.

2. Quizizz

Quizizz menjadi salah satu web atau aplikasi yang sering digunakan untuk kuis. Soal yang diberikan pun tidak harus selalu pilihan ganda, guru bisa mengkreasikan soal menjadi berbagai macam jenis seperti checkbox di mana guru bisa memberikan lebih dari 1 jawaban, fill-in-the-blank untuk mengisi sendiri jawaban, dan beberapa jenis soal lainnya.

3. Kahoot

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN