Mohon tunggu...
Raina Khairana Denando
Raina Khairana Denando Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNNES

Public Health 2018

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Personal Hygiene Saat Menstruasi oleh Mahasiswa Unnes

17 Oktober 2021   15:19 Diperbarui: 17 Oktober 2021   15:25 39 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Raina saat sedang mengedukasi anggota Karang Taruna Kelurahan Lamper Kidul, Sabtu (16/10/2021).

Anggota Karang Taruna Kelurahan Lamper Kidul mendapat edukasi mengenai personal hygiene saat menstruasi dari Raina Khairana Denando, mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang yang sedang melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di Kelurahan Lamper Kidul.

Kegiatan ini Raina lakukan lantaran kesehatan reproduksi menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas kesehatan di wilayah tersebut. Menstruasi menjadi topik yang ia ambil sebab topik ini masih menjadi salah satu pembahasan kesehatan reproduksi yang penting untuk dibahas. 

Di bawah bimbingan Dr. Widya Hary Cahyati, M.Kes.(Epid) selaku dosen pembimbing dan bantuan dari Mardjuki, S.Pd. selaku lurah Kelurahan Lamper Kidul serta ketua Karang Taruna, Raina mengadakan edukasi ini pada hari Sabtu (16/10/2021).

"Tujuan dilakukannya personal hygiene di kala menstruasi adalah untuk menjaga organ reproduksi dari munculnya mikroorganisma seperti bakteri dan jamur yang akan mengganggu kesehatan," jelas Raina saat mengadakan edukasi tersebut.

Edukasi yang Raina berikan ini dihadiri oleh perwakilan anggota Karang Taruna Kelurahan Lamper Kidul yang berjumlah 7 orang. Kegiatan berjalan lancar dan sangat interaktif karena anggota Karang Taruna selalu aktif dalam pembahasan. 

Tidak hanya anggota perempuan saja, bahkan anggota laki-laki juga sangat antusias mengikuti edukasi pada hari itu. Isi kegiatan pada edukasi itu adalah pemberian tips menjaga personal hygiene saat menstruasi serta fakta dan mitos terkait menstruasi.

Pemberian edukasi dilakukan dengan media poster. Menurut Raina, media poster dapat lebih menarik perhatian dibanding dengan tulisan saja atau hanya secara lisan. 

Selain menggunakan poster, Raina juga mengadakan game yang bernama "Yes or No", yaitu game yang diadakan saat membahas fakta dan mitos terkait menstruasi. 

Raina memberikan suatu pernyataan, lalu jika para audiens setuju dengan pernyataan tersebut dapat mengacungkan ibu jari ke atas, sedangkan jika tidak setuju dapat mengacungkan ibu jari ke bawah.

Dengan diadakannya edukasi ini, Raina berharap informasi yang ia sampaikan dapat memberikan kebermanfaatan untuk anggota Karang Taruna Kelurahan Lamper Kidul, sehingga mereka dapat senantiasa menjaga kesehatan mereka, terutama kesehatan organ reproduksi mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan