Mohon tunggu...
Muhammad Raihan PB
Muhammad Raihan PB Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

🙏🙏

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pesatnya Perkembangan Teknologi Dunia

30 Juli 2021   10:10 Diperbarui: 30 Juli 2021   21:17 101 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesatnya Perkembangan Teknologi Dunia
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Indonesia saat ini tengah dilanda pandemi virus corona atau Covid-19. Virus ini berdampak pada seluruh kegiatan yang tengah berjalan di Indonesia. Selain itu dibalik dampaknya Covid-19, sistem pertemuan antar sesama bisa dilakukan dengan menggunakan Zoom yang membuat kita dipermudah untuk berdiskusi ataupun belajar. Hal itu memberikan dampak positif bagi masyarakat, karena untuk melakukan pertemuan bisa dilakukan dengan jarak jauh atau digital. 

Dengan mulai berkembangnya Zoom dapat menciptakan teknologi-teknologi yang baru, teknologi pertemuan jarak jauh mungkin akan semakin berkembang dengan cepat. Selain itu ada aplikasi jual beli online yang bernama Tokopedia, selain Tokopedia ada banyak sekali aplikasi jual beli online yang tersedia. Saat dulu jual beli online dilakukan secara bertemu atau tatap muka, tapi sekarang dengan berkembangnya teknologi sudah bisa dilakukan secara jauh dan hal itu yang memudahkan orang untuk mencari barang yang diinginkan. 

Hal membuat berkembangnya teknologi dan ekonomi, karena dari segi teknologi sudah digunakan atau dilakukan oleh banyak orang, sedangkan dari segi ekonomi membuat sistem jual beli lebih dipermudah. Ada aplikasi yang membuat semua hal lebih mudah lagi, yaitu aplikasi ojek online. Selain mengantarkan orang dengan menggunakan ojek, ojek online juga bisa mengantarkan makanan ke tempat pembeli. Hal ini juga mempermudah kita untuk mencari makanan yang kita mau, karena kita bisa mencari makanan yang kita suka lalu diantarkan oleh ojek. Tiga aplikasi ini adalah tanda sudah berkembangnya teknologi saat ini.

Di seluruh dunia saat ini masih mengembangkan teknologi robot. Ilmu pengetahuan tentang robot masih dikembangkan untuk membuat robot yang ideal dan berguna. Hal ini memiliki dampak yang baik bagi suatu perusahaan, karena saat ini dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Manusia terkadang melakukan kesalahan atau Human Error, hal ini tidak dimiliki oleh robot yang bisa membantu suatu perusahaan tanpa memilki kesalahan. 

Berkembangnya robot saat ini bisa saja menggantikan peran manusia, hal ini yang membuat manusia menjadi pengangguran atau tidak punya pekerjaan. Dengan naiknya peran robot akan menciptakan suatu kelompok yang akan menolak atas kehadirannya mesin ini. Bahayanya robot saat ini dapat dilihat di negara Jepang, café-café di Jepang saat ini sudah menggunakan robot untuk menjadi pelayan. Di negara lain robot sudah membantu melakukan produksi otomotif mobil yang sangat cepat, hal itu yang membuktikan bahwa manusia bisa digantikan oleh robot nanti di masa depan.

Saat ini seluruh dunia tengah mengembangkan sistem Artificial Intelligence atau yang disebut sebagai kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini dibuat agar komputer dapat berfikir layaknya manusia, hal ini bisa berdampak buruk karena A.I. dapat menggantikan posisi manusia di masa depan. Sistem ini dibuat dalam mesin atau komputer, lalu mesin itu berfikir layaknya manusia pada umumnya. 

Hal ini membuat mesin mempunyai otak yang melebihi otak manusia pada lainnya. Kelebihan ini bisa membuat manusia dapat mengetahui ilmu pengetahuan yang lebih jauh lagi, karena A.I. dapat memaksimalkan otaknya melebihi otak manusia. Di masa depan nanti Artificial Intelligence menjadi sesuatu yang biasa bagi manusia, karena setiap mesin akan diprogram oleh kecerdasan buatan. Mungkin pada suatu saat nanti teknologi ini membawa bencana bagi peradaban manusia, karena A.I. dapat berfikir seperti manusia yang bisa memberontak pada siapapun.

Selain kecerdasan buatan, ada teknologi lain, yaitu mobil pintar. Mobil pintar adalah kendaraan yang bisa melaju tanpa pengemudi dan ditentukan oleh navigasi peta, pada intinya hampir menyerupai sistem Auto Pilot yang ada di pesawat terbang. Jika sampai terjadi di masa depan, maka jasa taksi atau taksi online tidak diperlukan lagi. Di masa depan nanti jika itu terjadi, dapat membuat keributan dan demo dari para pengemudi taksi. 

Akan tetapi jika Indonesia dengan lalu lintas yang seperti itu, mungkin susah untuk membuat mobil pintar yang bisa menyamai lalu lintas Indonesia yang sekarang. Tapi di luar negeri sudah banyak sekali mobil pintar yang sudah diproduksi dan beredar. Hal ini tentu bisa menjadi permasalahan ekonomi

Perkembangan teknologi juga berpengaruh pada tingkat ekonomi yang ada di planet Bumi. Saat ini mata uang internasional yang dipakai oleh banyak negara adalah mata uang Amerika Serikat atau USD. Kemungkinan di masa depan nanti di seluruh dunia hanya memakai satu mata uang saja, mata uang yang dimaksud bisa saja Bitcoin atau uang elektronik. 

Kemungkinan juga di seluruh dunia akan bersatu dalam satu negara saja, apalagi jika ada mahkluk luar yang ingin menginvasi planet Bumi. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, di alam semesta ini terdapat berbagai jutaan bintang, planet, dan bahkan ratusan galaksi. Tidak mungkin dari berbagai galaksi atau planet tidak ada satupun makhluk yang hidup. Jadi, manusia dituntut untuk bekerja dengan apa yang dunia butuhkan bukan apa yang ia butuhkan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN