Surabaya, 27 September 2024- Mahasiswa D4 Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga  lalu, telah diadakan sebuah Seminar dan Workshop bertemakan Etika Gen Z Dalam Industri Pariwisata: Madesu Maderu. Madesu dan Maderu sendiri ini merupakan sebuah istilah yang mengacu pada pilihan  "Masa Depan Suram atau Masa Depan Baru" yang mengartikan bahwa sebuah etika di pariwisata yang dilatih sejak saat ini akan membuat masa depan yang baru atau masa depan yang suram. Hal ini tentu mengisyaratkan pentingnya sebuah etika dalam pelayanan yang baik di masa depan sebuah industri pariwisata.
Acara seminar dan workshop ini dihadiri oleh dua narasumber utama yakni Dr. Sri Endah Nurhidayati, S.sos., M.Si., seorang akademisi dan dosen Prodi D4 Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga, sekaligus Angga Purnawira seorang pembina putri Yogyakarta yang memiliki bisnis Food & Beverage (Dapur Rangga) dan Wirangga Beauty and Handsome Camp. Peserta yang hadir dalam seminar ini juga merupakan orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan bidang pelayanan serta industri pariwisata.
TTopik-topik yang dibahas meliputi pentingnya membangun etika wisata yang bertanggung jawab, serta cara membangun kepercayaan diri dan etika dalam kehidupan sehari-hari, terutama di depan publik. Dalam sesi workshop, peserta berlatih langsung tentang bagaimana tampil percaya diri di atas panggung. Mempraktikan sikap tubuh yang baik, serta cara melakukan personal branding yang efektif.
JKegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan wawasan tentang etika, tetapi juga menumbuhkan kesadaran tentang tanggung jawab yang diemban oleh calon profesional pariwisata dalam industri yang semakin berkembang
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI