Mohon tunggu...
Mhd Raihan Edimara
Mhd Raihan Edimara Mohon Tunggu... Ketua Umum HMI Komisariat Cirendeu Cabang Ciputat 2019-2020

Hanya ingin tumbuh, jangan dibunuh.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengenang Glenn Fredly, Sosok Mengagumkan bagi Kalangan Aktivis

8 April 2020   22:34 Diperbarui: 9 April 2020   07:08 78 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenang Glenn Fredly, Sosok Mengagumkan bagi Kalangan Aktivis
tabloidnyata.com

Ketika menyebut nama Glenn Fredly, apa yang terlintas di benak pikiran kita? Tentunya ia seorang musisi handal, pasti itu jawabannya. Tapi tidak pada dunia aktivis mahasiswa, buruh, sosial dan lainnya. Ia adalah sosok yang mengagumkan bagi kalangan aktivis. Melalui musik, albumnya tahun 2012 salah satu lagunya yang berjudul “Menanti arah” ia dedikasikan untuk HAM yang ada di indonesia.

Pernah suatu ketika Glenn fredly hadir di kantor kontras pada tahun 2015, Glenn ikut dalam konferensi pers penamaan jalan sepeda di Den Haag, Belanda, dengan nama aktivis Hak Asasi Manusia dari Indonesia, Munir Said Thalib.

Hadirnya ia disana tanpa adanya undangan khusus, sehingga semua orang terheran-heran melihatnya. Glenn Fredly menyampaikan. “Saya datang karena panggilan nurani. Untuk membela Munir tidak perlu jadi aktivis. Ini bukan tugas aktivis saja, media hingga ibu rumah tangga juga perlu bergabung.”

Glenn Fredly menjadi sosok luar biasa bagi kalangan masyarakat dan aktivis jalanan yang sering menyuarakan keadilan. Pun aksi kamisan ia selalu hadir dan mensupport para demonstran di depan istana.

Tahun 2017 silam saya sempat bertemu dan menanyakan langsung kepada beliau apa yang menjadi motivasi anda mengikuti aksi kamisan ini. Ia menjawab. “karena sahabatnya  pernah menjadi korban dalam sebuah tragedi di tahun 1998 silam, salah satu korban '98 itu sahabat saya, salah satu teman baik. Saya kenal keluarganya, makanya saya ada di sini.” Ujarnya.

Glenn menilai masalah penegakan HAM tidak boleh terpaku pada kasus 1998 saja, tapi lebih dari itu, soal akses pendidikan, keadilan masyarakat buruh dan kesejahteraan masyarakat, agar nawacita yang di gemborkan pemerintah Jokowi bisa dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya.

Glenn Fredly selalu mengingatkan kepada kita semua bahwa semangat sosial kita jangan terpaku hanya karna kita punya kepentingan politik saja, tapi lebih dari itu adalah soal kemanusiaan.

Glenn Fredly adalah cerminan kita bahwa apapun propesi kita, baik dokter, musisi, lawyer, ataupun sebagainya, kita adalah aktivis, aktivis di bidangnya. Jadilah aktivis yang sadar diri dan fungsi sebagai penentu perubahan zaman.

Rip Glend Fredly, karyamu akan selalu di kenang. Kamu adalah aktivis pejuang yang sesungguhnya. 🙏🏼

VIDEO PILIHAN