Mohon tunggu...
Raihanah Ulfa
Raihanah Ulfa Mohon Tunggu... Guru - Seorang ibu 1 anak, Mahasiwa, Guru

Seorang ibu 1 anak, Mahasiwa, Guru

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kuliah, Hamil, Mengurus Anak, Namun Tetap Berpuasa? Kenapa Tidak?

17 Mei 2021   20:41 Diperbarui: 17 Mei 2021   20:51 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Halo Mom, nama ku Raihanah Ulfa, Aku seorang Mahasiswa Semester akhir, yang juga seorang ibu dari satu anak, dan sedang mengandung anak kedua.

Aku ingin berbagi pengalaman tentang berpuasa saat sedang kuliah daring sambil mengurus anak. Awalnya semua nampak berat untuk dijalani. Namun dengan tekad (karena males ganti puasa, hehe), dan dukungan suami, akhirnya aku coba jalanin semuanya.

Ada hal yang perlu kita perhatikan saat kondisi seperti yang aku jalain ini mom. Yaitu kita harus betul-betul bisa mengatur waktu. Karena jika kita tidak mengatur itu, bisa-bisa kita merasa lemas dan kondisi tidak karuan. Harus mengurus urusan rumah tangga, urusan kuliah, apalagi saat berpuasa kemarin aku sedang hamil juga.

Pertama, harus mengatur waktu istirahat. Saat anak tertidur merupakan waktu yang paling tepat untuk mendapat istirahat tambahan selain malam hari. Karena bisa mengurangi dampak kelelahan. Kalau kita hanya mengandalkan tidur saat malam hari sepertinya kurang mom. hehe

Kedua, waktu untuk masak. Sore saat suami sudah pulang kerja waktu yang bisa digunakan untuk memasak. Anak dijaga oleh suami, dan kita masak untuk berbuka puasa. Dan jam 3 juga bisa digunakan untuk masak sahur. Jangan terlalu buru-buru masak sahur, semisal jam 2, karena bisa mengurangi waktu istirahat kita mom.

Ketiga, mengatur waktu kuliah. Kuliah daring seperti saat ini, merupakan sebuah keuntungan mom, karena kita bisa kuliah sambil menjaga anak. Aku mengambil kuliah kelas karyawan, jadi aku dapat jadwal kuliah hanya jum'at dan sabtu. jadwal kuliah mulai pagi sampai sore. kalau ada meeting  atau presentasi aku kasih waktu anak untuk nonton youtube. karena aku dan suami tipikal orang tua yang sangat membatasi anak untuk bermain gadget. Lalu aku biasa gunakan waktu malam sesudah tarawih untuk  mengerjakan tugas kuliah, sambil mencuci pakaian yang dibantu suami. Aku giling dan bilas pakaian kemudian suami yang jemur.

Untuk catatan mom, puasa bisa mom jalankan asal tidak ada masalah dengan kandungannya mom. Tetap ikuti saran bidan atau dokter ya mom. Karena aku hanyan berbagi cerita aku hehe

Salam hangat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun