Mohon tunggu...
Raihan Nur Yaqin
Raihan Nur Yaqin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menulis paruh waktu

Mahasiswa UPI

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKNT UPI 2021: Lakukan Pendampingan Penguatan Belajar Daring dan Menulis Artikel di Kompasiana

27 Juli 2021   04:42 Diperbarui: 27 Juli 2021   04:45 73 1 0 Mohon Tunggu...

Pengabdian adalah salah satu aspek dalam Tri Dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian, yang salah satunya tertuang dalam program wajib mahasiswa yaitu Kuliah Kerja Nyata, dari tahun ke tahun, generasi ke generasi KKN menjadi faktor penting dalam kisah perjalanan menjalani sebagai peserta didik di perguruan tinggi, bercengkerama dengan masyarakat secara langsung, membantu dalam perbaikan fasilitas umum, juga romansa yang hadir di dalamnya. 

Dalam 2 tahun terakhir KKN menjadi lain, lain daripada apa yang telah lama dikisahkan orang-orang, sebab ekspetasi itu dijegal oleh penyebaran COVID-19 sejak tahun 2019 mula, namum civitas akademika dari perguruan tinggi tidak menganggap itu sebagai sebuah penghalang, jusrtu sebagai sebuah tantangan bagaimana dalam kondisi seperti ini masih bisa terus melakukan pengabdian kepada masyarakat.

UPI sebagai salah satu perguruan tinggi pun memasuki tahun kedua dalam menggelar KKN kala pandemi. Tahun ini Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI atau yang sering disingkat KKNT UPI berupaya memberikan dampak pengabdian terhadap dua aspek yang ada di masyarakat, yaitu pendidikan dan ekonomi, mahasiswa diharapkan mampu jadi agen penggerak dan penguatan terhadap kedua aspek tersebut, dalam hal ini sebagaimana kita ketahui bahwa setiap pihak melakukan adaptasi secara terus menerus dalam kondisi pandemi, pendidikan sebagai salah satunya yang susah payah melakukan banyak upaya penyesuaian, dari mulai TK hingga SMA mesti pembenahan sana sini demi terus memutar roda pendidikan.

Dalam proses penguatan pembelajaran dalam jaringan mahasiswa berusaha memfasilitasi siswa, orang tua, sekolah dan guru untuk bersama-sama melakukan peningkatan kualitas proses pembelajaran daring, dengan ada program ini diharapkan mahasiswa bisa mengaktualisasikan dirinya dengan cara pendampingan siswa, pendampingan orang tua, membuat media pembelajaran, membantu pembuatan administrasi sekolah, membuat video dan membuat artikel mengenai program edukasi penanggulangan COVID-19 pada bidang pendidikan seperi yang tengah saya lakukan saat ini, menyusun artikel sambil diiringi daftar putar lagu pagi ini, yang semoga melalui artikel ini bisa menggambarkan sedikitnya dari program KKNT UPI 2021.

Ratusan bahkan ribuan mahasiswa lainnya pun menulis artikel mengenai KKNT UPI 2021 dalam platform kompasiana ini, berbagai hal diulas dalam masing-masing artikel, berbagai aspek, berbagai sudut pandang, dari berbagai daerah di Indonesia, yang salah satunya artikel ini, yang tanpa sadar kamu telah membaca hingga paragraf terakhir dan ini juga kalimat yang terakhir sebelum menemui tanda titik. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN