Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Lainnya - Guru Olahraga Purna Tugas

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Purna Tugas Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Tim Putri Indonesia Kalah dari Jerman di Babak Terakhir, Akhirnya Terlempar dari 20 Besar Olimpiade Catur Chennai India 2022

9 Agustus 2022   20:50 Diperbarui: 9 Agustus 2022   22:44 103 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(WGM/IM Irine Kharisma Sukandar Dok: chessolympiad.fide.com)

Tim catur putri Indonesia yang hanya diperkuat empat pemain (tanpa cadangan) akhirnya kedodoran dalam dua babak terakhir Olimpiade Catur ke-44 tahun 2022 di Chennai India. Pada babak kesebelas yang dimainkan hari ini, Selasa (9/8/2022), tim putri Indonesia berhadapan dengan tim putri Jerman.

Sesuai dengan prediksi, tim putri Indonesia mengalami kesulitan menghadapi lawan tangguh dari benua eropa tersebut. Tim putri Indonesia yang semua anggotanya bermain full 11 babak, akhirnya harus mengakui keunggulan lawannya dan kalah dengan skor tipis 1,5-2,5.

Di papan pertama, WGM/IM Irine Kharisma Sukandar dengan elo rating 2373 yang memainkan buah putih, berhasil menahan remis IM Elisabeth Paehtz yang memiliki elo rating 2484. Permainan berakhir remis hanya dalam 20 langkah.

Berikutnya di papan kedua, WGM/IM Medina Warda Aulia dengan elo rating 2374 yang memainkan buah hitam, juga bermain remis. WGM/IM Medina Warda Aulia ditahan remis oleh WGM Josefine Heinemann yang memiliki elo rating 2321. WGM/IM Medina Warda Aulia bermain remis setelah bertarung dalam 36 langkah.

Papan ketiga, Fariha Mariroh dengan elo rating 1839 yang memainkan buah putih, juga mampu bermain remis. Fariha Mariroh berhasil menahan remis lawannya WGM Hanna Marie Klek yang memiliki elo rating 2366. Fariha Mariroh mengakhiri permainannya dengan hasil remis setelah memainkan 34 langkah.

Di papan keempat, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra dengan elo rating 2257 yang memainkan buah hitam, harus mengakui keunggulan WGM Dinara Wagner yang memiliki elo rating 2341. WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra mengalami kekalahan setelah bertarung ketat dalam 58 langkah.

Kedudukan akhir menjadi 2,5-1,5 untuk tim putri Jerman. Kekalahan tersebut merupakan kekalahan keempat dari sebelas babak yang dimainkan.

Akibat kekalahan tersebut, tim putri Indonesia turun tujuh tingkat sehingga terlempar dari 20 besar. Tepatnya ada di posisi ke-24 dari 160 negara dengan 14 Match Point (MP) dan 28,5 Victory Point (VP) hasil dari tujuh kali menang, dan empat kali kalah dari sebelas babak yang dimainkan,

Posisi ini sudah jauh lebih baik dari yang diharapkan Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto. Harapan Ketua Umum PB Percasi kepada tim catur Indonesia di arena Olimpiade Catur ke-44 adalah, memperbaiki peringkat pada olimpiade catur sebelumnya.

Adapun prestasi tim catur putri pada Olimpiade Catur Batumi Georgia 2018 adalah di posisi ke-35. Sementara pada Olimpiade Catur Chennai India 2022 berhasil finish di posisi ke-24 yang berarti naik 11 tingkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan