Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Lainnya - Guru Olahraga Purna Tugas

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Purna Tugas Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perjalanan Timnas Senior Indonesia Dalam Kualifikasi Piala Asia 2023

24 Juni 2022   08:32 Diperbarui: 24 Juni 2022   08:41 523 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
 (Selebrasi Timnas Indonesia Dok: pribadi/tangkapan layar the-afc.com)

                                                                 

Dalam tulisan ini, saya akan menuliskan sepak terjang timnas Indonesia dalam mengikuti kualifikasi Piala Asia 2023. Kualifikasi Piala Asia putaran ketiga ini diselenggarakan di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Kuwait dari tanggal 8 s/d 15 Juni 2022 yang baru lalu.

Dalam gelaran kegiatan sepakbola paling bergengsi di Asia ini, Indonesia berhasil menempatkan tim terbaiknya yang masuk dalam putaran ketiga. Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 setelah melewati play-off dan mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1.

Selanjutnya Federasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan jadwal lengkap untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil undian menempatkan Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

1. Perjuangan Menghadapi Kuwait

Partai pertama babak penyisihan grup A Kualifikasi Piala AFC 2023 digelar Rabu (8/6/2022). Saling berhadapan antara Timnas Indonesia melawan tuan rumah Timnas Kuwait.

Timnas Indonesia saat itu ada di posisi 159 peringkat dunia FIFA. Di ajang Piala AFC, Indonesia belum pernah lolos dari fase group.

Sementara itu, Timnas Kuwait saat itu ada di posisi 146 peringkat dunia FIFA. Di ajang Piala AFC, Kuwait pernah meraih posisi runners up pada tahun 1976 dan juara pada tahun 1980.

Berdasarkan data head to head, kemampuan Kuwait lebih unggul dari Indonesia dengan rekor dua kali menang, satu kali kalah dan tiga kali seri. Peringkat dunia FIFA, Kuwait lebih tinggi dari Indonesia. Pengalaman di Piala AFC, Kuwait lebih unggul dari Indonesia.

Dengan mengacu pada indikator tersebut, diprediksi Kuwait memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangkan duel melawan Indonesia. Tapi faktanya, Indonesia mampu mencuri point dari Kuwait.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan