Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Lainnya - Guru Olahraga Purna Tugas

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Purna Tugas Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Thamrin Dahlan: Sang Bhayangkara yang Terus Berkarya

22 Juni 2022   22:40 Diperbarui: 22 Juni 2022   22:41 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
     (Thamrin Dahlan Dok: leutikaprio.com)

                                                                                             

Melalui komunikasi di WA group Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Ikhlas, tulisan-tulisan dan ujaran-ujaran beliau, saya semakin mengenal beliau. Ternyata pak Thamrin Dahlan adalah seorang Bhayangkara yang sudah purnawirawan dengan pangkat terakhir Komisaris Besar Polisi (Kombespol). Itu sebabnya ada rekan-rekan penulis yang menyapa beliau dengan sapaan akrab "Komandan".

Di kepolisian beliau boleh purnawirawan, akan tetapi di bidang literasi dan pendidikan, beliau bahkan semakin aktif. Sampai saat ini beliau masih aktif memberi kuliah di beberapa perguruan tinggi swasta. Salah satu jargon beliau adalah ULAMA (Usia Lanjut Masih Aktif), dan jargon itu benar-benar diwujudkan.

Dalam bidang literasi, wujud dari jargon "Usia Lanjut Masih Aktif" adalah karya beliau dalam bentuk 2.925 artikel di Kompasiana, ratusan artikel di  website YPTD terbitkanbukugratis.id, puluhan judul buku dan pantun yang mampu mewarnai "Disway.id". Bahkan pada tanggal 9 Februari 2022, pak Dahlan Iskan (Mantan Menteri BUMN) meyempatkan diri menulis artikel dengan judul "Ulang Pantun".

Dalam bagian tulisannya Dahlan Iskan berkata:"Disway setahun terakhir diwarnai oleh pantun. Anda sudah tahu: pemicunya pembaca kita yang bernama Thamrin Dahlan".

Bapak H Thamrin Dahlan juga seorang yang rendah hati, mau berbagi. Semua ilmu yang beliau miliki secara sukarela dibagikannya kepada siapa saja melalui tulisan, nasehat, maupun pengajaran.

Beliau juga seorang motivator yang inspiratif. Beberapa slogan beliau yang inpiratif antara lain "bagi seorang penulis buku merupakan mahkota". Beliau juga seorang yang konsisten dan teguh pada komitmen. Salah satu komitmen beliau dalam menulis artikel adalah "one day, one post".

Dalam berliterasi, beliau juga selalu membuat resolusi di awal tahun, resolusi itu berupa rencana apa yang akan kita capai selama satu tahun berjalan, terkait dengan kegiatan literasi. Melalui resolusi yang kita buat, kita dituntut untuk berusaha keras mencapai resolusi tersebut.

Saya pun, termotivasi dan terinspirasi oleh karya-karya dan amanat beliau di bidang literasi, dengan melaksanakan komitmen "one day, one post". Bahkan tahun lalu (2021), capaian saya dalam menulis artikel, tanpa terasa mampu melebihi target. Di Kompasiana saja, dalam satu tahun mencapai 407 artikel dengan keterbacaan 126.429 pembaca.

Dalam sebuah webinar yang dilaksanakan oleh YPTD dengan tema "Resolusi", beliau menantang saya untuk menyampaikan resolusi saya di bidang literasi. Saya kemudian menjawab tantangan beliau dengan menyampaikan resolusi saya di bidang literasi adalah "one day, two post" untuk penulisan artikel dan menulis dua judul buku untuk penulisan buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun