Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Lainnya - Guru Olahraga Purna Tugas

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Purna Tugas Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bola

Prediksi Timnas Indonesia VS Malaysia di Piala AFF 2020

18 Desember 2021   22:40 Diperbarui: 18 Desember 2021   22:44 366 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Timnas Indonesia VS Malaysia Dok: batam.tribunnews.com)

                                                                               

Sampai dengan partai ketiga, Timnas Indonesia dalam babak penyisihan grup B Piala AFF 2020 belum terkalahkan. Timnas Indonesia menang cukup telak 4-2 atas Timnas Kamboja di matchday pertama, menang telak 5-1 melawan Laos di matchday kedua dan imbang 0-0 melawan Timnas Vietnam di matchday ketiga.

Atas hasil-hasil tersebut, Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke semifinal setelah untuk sementara masih memimpin di puncak klasemen dengan poin 7. Selanjutnya, partai terakhir dalam babak penyisihan grup B Piala AFF 2020 besok Malam, Minggu (19/12/2021) pukul 19.30, Indonesia sang pemuncak klasemen akan berhadapan dengan Malaysia yang berada di posisi ketiga klasemen.

Timnas Indonesia saat ini ada di posisi 166 peringkat dunia FIFA. Di ajang Piala AFF, Indonesia sudah lima kali berhasil lolos ke babak final, di tahun 2000, tahun 2002, tahun 2004, tahun 2010 dan tahun 2016. Beberapa pemain top Indonesia saat ini antara lain Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam.

Sementara itu, Timnas Malaysia saat ini ada di posisi 154 peringkat dunia FIFA. Di ajang Piala AFF, Malaysia pernah satu kali menjadi juara di tahun 2010 dan tiga kali juara dua, di tahun 1996, 2014, dan 2018. Beberapa pemain Malaysia saat ini antara lain Kalamullah Al Haviz, Dion Cools, Akhyar Rashid, dan Guilherme.

Posisi peringkat FIFA Malaysia lebih unggul dari Indonesia, Malaysia berada di posisi 154 sementara Indonesia di posisi 166. Data head to head, kemampuan Indonesia lebih unggul dari Malaysia dengan rekor 39 kali menang, 21 kali seri dan 36 kali kalah.

Pengalaman di Piala AFF, Malaysia lebih unggul dari Indonesia. Peringkat klasemen sementara di group B, Indonesia unggul atas malaysia, Indonesia berada di posisi puncak klasemen, sementara Malaysia di posisi ketiga.

Dengan mengacu pada indikator tersebut, diatas kertas pertandingan akan berimbang dan berlangsung seru. Peluang kedua tim untuk memenangkan pertandingan masih fifty-fifty.

Mengacu pada hasil pertandingan sebelumnya menghadapi lawan yang sama yaitu Timnas Vietnam, secara matematis Indonesia yang mampu menahan imbang masih unggul atas Malaysia yang kalah telak dengan skor 0-3. Atas dasar tersebut, saya prediksi Indonesia akan memenangkan pertandingan dengan skor tipis. Hasil pertandingan ini sangat berpengaruh untuk kedua tim dalam hal penentuan lolos ke babak semifinal.

Apabila Malaysia kalah dari Indonesia, posisi Indonesia sebagai pemuncak klasemen grup B tidak akan tergoyahkan. Kepentingan Indonesia dari pertandingan ini adalah untuk kepastian sebagai semifinalis sekaligus sebagai juara goup.

Indonesia yang sebagian besar diperkuat anak-anak muda harus tampil gagah berani seperti saat menahan imbang raksasa Asia Tenggara, Vietnam. Selamat berjuang, semoga sukses meraih kemenangan sebagai modal menghadapi pertandingan di babak semifinal melawan runner up Group A, tuan rumah Singapura.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan