Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Shafira Devi Herfesa Tampil sebagai Juara 3 Kualifikasi Asia Queen's Chess Festival 2021

25 Juli 2021   10:42 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:51 142 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Shafira Devi Herfesa Tampil sebagai Juara 3 Kualifikasi Asia Queen's Chess Festival 2021
(Dok: fide.com)

                                                                                                                              

Komisi catur Wanita FIDE bekerjasama dengan komisi pertandingan FIDE dan dengan dukungan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), tanggal 11-27 Juni 2021 yang lalu menyelenggarakan turnamen catur dengan title "Queen's Chess Festival". Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Federasi Catur Asia, Konfederasi Catur Afrika, Uni Catur Eropa, dan Konfederasi Catur untuk Amerika.

Festival tersebut terbuka bagi semua pemain catur wanita dari seluruh dunia dari segala usia dan semua kelompok peringkat, bahkan penggemar catur yang tidak memiliki peringkat. Peserta akan bertarung dalam empat kategori berdasarkan peringkat elo yaitu:

Kategori A: Peringkat elo diatas 2100

Kategori B: Peringkat elo antara 1800-2099

Kategori C: Peringkat elo antara 1500-1799

Kategori D: Peringkat elo dibawah 1500

Babak kualifikasi Asia dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2021 diikuti pecatur putri dari 23 Negara Asia. Babak kualifikasi tersebut digunakan untuk menentukan tiga wakil Asia yang berhak bertarung di putaran final. Tim catur Indonesia diperkuat oleh WGM/IM Medina Warda Aulia untuk kategori A, WIM Dita Karenza untuk kategori B, WFM Christine Elisabeth untuk kategori C, dan Shafira Devi Herfesa untuk kategori D.

Setelah menyelesaikan 11 babak, Shafira Devi Herfesa menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil lolos dari babak kualifikasi Asia. Shafira Devi Herfesa berhasil lolos mewakili Asia untuk kategori D setelah berhasil mengumpulkan sembilan point sehingga berada di urutan ketiga dari 93 peserta. 

Dua peserta Asia lainnya yang lolos ke putaran final kategori D adalah S Pournami dari India yang berada di posisi pertama dengan 9 point dan Devindya Oshini Gunawardhana dari Sri Lanka yang berada di posisi kedua dengan 9 point. Ketiga pemain yang lolos mewakili Asia ternyata memperoleh nilai yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan