Mohon tunggu...
Rahmi Putri Z
Rahmi Putri Z Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Suka nulis dipojok-pojok buku bacaan. Hobby nya mengamati manusia lainnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru adalah Penyambung Tangan dalam Belajar

23 November 2023   10:57 Diperbarui: 23 November 2023   13:55 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Setiap langkah anak-anak kita, kita ingin mendidiknya dengan kebaikan. Hal itulah yang membawa kita untuk menyekolahkan anak-anak kita ke sekolah-sekolah paling baik sesuai dengan kemampuan orang tua. Di sana orang tua berharap guru-guru yang ditemui anak-anak mereka dapat menjadi guru yang mengajar banyak hal dan menjadi contoh dalam berbagai hal.

Itulah kenapa hubungan antara guru dan orang tua harus baik. Guru sebagai penyambung tangan dalam mendidik anak-anak mereka adalah salah satu orang terpercaya dalam pertumbuhan dan masa depan anak-anak mereka. Pernah dikatakan bahwasanya "ketika seseorang bertemu dengan guru yang tepat maka disana akan muncul bakat-bakat yang luar biasa".

Pengertian guru secara lebih luas tidak hanya orang yang mengajar di dalam kelas, tetapi mereka yang dapat memberi pengaruh baik dalam kehidupan anak-anak. Orang-orang diluar rumah mereka yang dapat diambil pelajaran darinya. 

Orang tua yang ingin memiliki anak-anak yang cerdas biasanya, akan memfasilitasi anak-anak mereka untuk bertemu dengan berbagai guru yang dapat mengajarkan anak-anak berbagai ilmu pengetahuan. Sebagai orang tua yang melepas anak-anak mereka dengan niat belajar, tidak ada salahnya berbuat baik kepada guru-guru anak-anak. Tidak harus hal besar, hal kecil yang dapat dilakukan orang tua adalah mulai dari anak-anak mereka. Memberitahukan kepada anak-anak bagaimana bersikap didepan guru adalah langkah kecil yang dapat berpengaruh besar dalam menumbuhkan rasa penghargaan kepada guru-guru mereka. Menghormati guru adalah nasehat awal yang bisa ditanamkan orang tua kepada anak-anak untuk menanamkan rasa dan hubungan baik dengan guru.

Selain hal di atas, tidak ada salahnya bagi orang tua yang memiliki kelebihan dalam
berbagai hal, sesekali dapat memberikan hadiah kepada guru anak-anak. Sebagai ucapan terimakasih karena telah mendidik anak-anak mereka, tanpa mengurangi rasa hormat kepada guru-guru anak-anak. Tapi jika tidakpun, bukanlah menjadi suatu hal yang perlu dipermasalahkan, hal terpenting adalah bagaimana orang tua bersikap dan menyambung hubungan baik dengan guru-guru anak-anak mereka, dengan moral atau sikap yang baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun