Mohon tunggu...
Rahmi 056
Rahmi 056 Mohon Tunggu... Mahasiswi

@rhmi_56

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manfaat Serta Peran TIK dalam Dunia Pendidikan

23 Juni 2021   18:22 Diperbarui: 23 Juni 2021   18:31 50 0 0 Mohon Tunggu...

Manfaat Serta Peran TIK Dalam Pendidikan

Kegiatan pendidikan pada dasarnya yaitu berkomunikasi secara berdimensi dimana melibatkan bermacam-macam sumber. Sumber disini bermaksud yakni sumber belajar baik tertulis maupun tidak. Namun tidak hanya itu, kegiatan pendidikan melibatkan banyak peran seperti tenaga pendidik, peserta didik serta tenaga kependidikan dan sebagainya.

Kita pasti tahu kita berada di zaman era globalisasi dimana ditandai dengan maraknya berbagai teknologi serta tersedianya banyak peluang pendidikan yang diharapkan. Suatu perubahan yang besar akan terjadi dalam bidang teknologi jika pengguna teknologi mampu menggunakan teknologi yang ada dengan semaksimal mungkin, bahkan mampu untuk mengembangkan nya agar lebih baik lagi. Oleh karena itu perlunya kita sebagai pelajar mempelajari berbagai pengetahuan tentang penggunaan dan pengembangan teknologi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Teknologi sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan manusia, apalagi dalam bidang pendidikan di Indonesia diantaranya :

1.Suatu kualitas sangat penting bagi pendidikan. Jika kualitas pendidikan tergolong tinggi/bagus maka kualitas masyarakat pun akan bagus juga. Dengan adanya teknologi ini akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada karena teknologi menjadi bentuk upaya agar pendidikan di Indonesia menjadi pendidikan dengan kualitas yang bagus.

2.Dalam mengerjakan tugas atau ingin mencari tahu suatu hal tentunya kita memerlukan teknologi berupa internet. Dengan adanya internet kita dapat dengan mudah mencari berbagai macam hal yang dibutuhkan dengan referensi yang dapat dipercaya. Misalnya saja ketika kita membutuhkan referensi dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah, teknologi bisa menjadi solusi yang tepat dalam hal tersebut. Tidak hanya hal itu, tenaga pendidikpun juga sangat sering menggunakan teknologi dalam mencari banyak informasi mengenai materi pembelajaran dan masih banyak lagi.

3.Kita sangat mengerti masalah yang kita hadapi saat ini yaitu pandemi covid. Teknologi mampu menjadi suatu media yang diharapkan siswa serta guru untuk menjalankan proses pembelajaran secara online. Hal tersebut tidak jauh dari teknologi yang sangat canggih saat ini.

Tidak hanya manfaat, teknologi dalam pendidikan tentunya juga mempunyai peran yakni :

1. Dalam proses pembelajaran baik disekolah ataupun di tempat les belajar kebanyakan pengajar format digital dalam menjelaskan materi seperti laptop, powerpoint dan masih banyak lagi. Dengan demikian proses pembelajaran menjadi sangat luas. Pendidikan saat sekarang ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja berkat fasilitas dan sarana pembelajaran yang modern.

2.Teknologi juga berperan sebagai sumber sarana serta bahan ajar bagi siswa maupun guru, dimana seorang guru ataupun siswa dapat memperoleh materi pelajaran tidak hanya dari buku saja. Dengan adanya teknologi membuat banyaknya bahan ajar yang bisa didapatkan oleh guru atau siswa dari referensi yang bermutu yang didapat dari negara lain.

3.Teknonogi berupa internet sangat banyak digunakan untuk media konsultasi dengan tokoh ahli. Hal itu tidak hanya digunakan oleh guru saja namun juga oleh para siswa dapat memanfaatkannya dalam hal mendukung kegiatan pembelajaran secara langsung dari ahlinya tanpa biaya yang banyak.

VIDEO PILIHAN