Mohon tunggu...
noer dyah rahmawati zaeni
noer dyah rahmawati zaeni Mohon Tunggu... writing is entertainment

Saya mahasiswi S-1 Manajemen di Universitas muhadi Setiabudi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengabdian Masyarakat: Gerakan Bem Umus Mengabdi (G-Bumi)

21 Desember 2020   21:50 Diperbarui: 21 Desember 2020   22:02 81 2 0 Mohon Tunggu...

Pengabdian masyarakat adalah sebuah kegiatan yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam melakukan aktivitas tanpa mengharapkan imbalan apapun. Di dalam Universitas sendiri pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat dapat dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa dalam setiap Perguruan Tinggi. 

Bem Umus juga ingin melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk itulah Bem Umus 2020 bekerja sama dengan Pik-R Pringgondani mengadakan acara "Gerakan Bem Umus Mengabdi (G-Bumi)". Acara pengabdian ini dilakukan selama 4 hari sejak tanggal 17-20 Desember 2020, di Dusun Pringanamba, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Dusun Pringanamba, Desa Sridadi sendiri merupakan sebuah tempat yang berada di wilayah pegunungan. Udaranya sangat dingin, curah hujannya cukup tinggi, jalannya berliuk-liuk, jauh dari perkotaan, dan banyak sekali jalan yang amblas.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan selama acara G-Bumi, diantaranya: Pendirian saung baca untuk anak-anak dan masyarakat, penanaman pohon untuk wilayah yang rawan longsor, mengadakan lomba-lomba bersama anak-anak, dan mengadakan sharing session dengan remaja. Selain diikuti oleh anggota Bem dan Pik-R, acara ini juga diikuti oleh para delegasi dari Ormawa Fakultas Universitas Muhadi Setiabudi. 

Masyarakat Dusun Pringanamba sangat ramah, bahkan sangat senang dengan kedatangan kami. Banyak sekali bingkisan yang mereka berikan untuk kami. Selain masyarakatnya yang ramah, anak-anak Dusun juga sangat senang dengan kedatangan kami, bahkan mereka selalu datang untuk bermain bersama kami. Di masa pandemi ini, mematuhi protokol kesehatan sangat ditekankan dalam segala acara. Untuk itulah kami selalu memakai masker dalam setiap kegiatan yang dilakukan. 

Manfaat dari acara ini sangat banyak, diantaranya: Bem Universitas Muhadi Setiabudi dapat dikenal oleh masyarakat di desa terpencil, menambah relasi dan teman baru, memberikan kebahagiaan untuk anak-anak, dan masih banyak manfaat lainnya. Acara ini juga mengundang Danramil, DP3KB, Perangkat Desa, dan Tokoh Masyarakat untuk melakukan peresmian saung baca dan penanaman pohon. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x