Mohon tunggu...
Rahmawati Seseang
Rahmawati Seseang Mohon Tunggu... Dosen

Pengajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

PPMDU-PK Dies Natalis bagi Bendahara Pengeluaran di Kabupaten Bone

24 Agustus 2019   23:29 Diperbarui: 24 Agustus 2019   23:35 0 0 0 Mohon Tunggu...
PPMDU-PK Dies Natalis bagi Bendahara Pengeluaran di Kabupaten Bone
img-20190820-wa0025-5d614ffe097f364125651a74.jpg

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bone melaksanakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Unhas (PK-UH) dengan tema PPMU-PK Dies Natalis bagi Bendahara Pengeluaran di Kabupaten Bone. Kegiatan ini telah dilaksanakan oleh Tim pelaksana dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNHAS pada hari Senin (19/8/2019) bertempat di Ruang Rapat Gedung PKK Kabupaten Bone. Tim LP2M Unhas diterima oleh Bapak Wakil Bupati Bone Bapak Bpk H. Ambo Dalle, MM. dan Kepala BPKAD Kab. Bone Drs. A. Fajaruddin, MM. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dengan Universitas Hasanuddin dalam upaya peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Bone.

Wakil Bupati Bone sangat mengapresiasi kegiatan Tim dari LP2M Unhas, Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan pengelolaan Keuangan Daerah. Hal senada dikemukakan oleh Kepala BPKAD Kabupaten Bone yang mengharapkan agar dalam pelatihan ini ada peningkatan kapabilitas para pengelola keuangan daerah khususnya para bendahara pengeluaran agar dapat terwujud akuntabilitas dan transparasi pengelolaan keuangan. Untuk itu diharapkan para bendahara pengeluaran seluruh SKPD dapat memahami prosedur pengelolaan keuangan daerah khususnya terkait dengan penatausahaan belanja daerah yang menjadi tupoksi dari para bendahara pengeluaran.

dokpri
dokpri
Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh peserta sebanyak 35 orang yang terdiri dari para bendahara pengeluaran dan pejabat penatausahaan keuangan dari seluruh SKPD Kabupaten Bone. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan tutorial. Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta dibuat dalam bentuk modul pelatihan.

Ketua tim pelaksana PPMU-PK Dies Natalis Unhas, Drs. Kastumuni Harto, SE., M.Si., Ak., CA.,  menyatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kapabilitas Bendahara Pengeluaran SKPD dalam menatausahakan pengelolaan keuangan daerah sehingga dapat menjalankan perannya secara professional, akuntabel dan auditable sehingga pengelolaan keuangan Kabupaten Bone bisa berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, serta dalam penatausahaan dan pelaporan sejalan dengan prinsip standar akuntansi pemerintahan.

dokpri
dokpri

KONTEN MENARIK LAINNYA
x