Mohon tunggu...
rahmawati
rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswi Pendidikan Masyarakat, Universitas Sriwijaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menjadi Petani di Usia Senja

3 Oktober 2022   15:24 Diperbarui: 3 Oktober 2022   15:26 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lansia atau lanjut usia adalah periode dimana manusia telah mencapai kemasakan dalam ukuran dan fungsi. Selain itu lansia juga masa dimana seseorang akan mengalami kemunduran dengan sejalannya waktu.

Desa Seri Kembang merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Payaraman, kabupaten Ogan Ilir. Desa ini dianugerahi tanah subur, masyarakat memanfaatkan tanah yg subur dengan bercocok tanam seperti membuka ladang perkebunan karet. 

Mayoritas pekerja masyarakat yaitu menjadi petani karet dan sebagian kecil menjadi petani sawit. Kakek M. Nur adalah salah satu petani karet lanjut usia. Menyadap karet menjadi rutinitas kakek nur setiap harinya. 

Setiap jam 04. 00 dini hari, kakek nur bersama istrinya menyusuri jalan yg gelap dan hutan menuju kebun yang jaraknya 3 kilometer dari rumahnya di Desa Seri Kembang III. Sebelum menyadap kakek nur memasang senter, menyiapkan peralatan dan menghidupkan obat nyamuk.

Satu per satu pohon karet mulai disadap hingga pagi menjelang dengan  sinar matahari diantara pohon karet. Selesai menyadap kakek nur dan istrinya beristirahat dipondok melepas lelah dan dahaga. Setelah itu kakek nur mulai mengumpulkan getah karet ke dalam ember untuk dicetak, dengan penghasilan Rp 70.000 per hari kakek nur bisa menghidupi keluarganya. 

Penulis : Rahmawati 

Dosen Pengampu :

Dr. Aziza Husin, M. Pd

Yanti Karmila Nengsih, S. Pd., M. Pd



HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan