Mohon tunggu...
Rahmawati 016
Rahmawati 016 Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas Muhammadiyah bone

selama kamu berusaha pasti ada jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Apakah Saya Bisa Jadi Guru"

7 Juli 2021   21:19 Diperbarui: 7 Juli 2021   21:36 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembaca pasti bertanya mengapa saya mengambil judul ini ya kembali lagi kepada penulis ini sebuah berawal dari pengalaman dan kehidupan saya sendiri yang bercita-cita menjadi seorang guru tetapi terkendala dengan masalah ekonomi keluarga sehingga cita-cita itu mulai pudar dalam pikiran bahkan sudah tak ada lagi semangat untuk mencapai cita-cita mulia tersebut ujar penulis.tapi waktu berkata lain saya masih diberi kesempatan untuk bisa mengampai cita-cita saya atas dorongan dari tanteku semangat itu mulai hadir kembali akhirnya saya masuk perguruan tinggi universitas muhammadiyah bone pada tahun 2020 bulan oktober.

Waktu terus berjalan hari berganti hari, bulan berganti bulan,tahun berganti tahun saya lalui sebagai mahasiswa perasaan bercampur aduk dalam pikiran karena dimana saya harus berjuang melewati hari-hariku sebagai mahasiswa dibawah kendali tanteku dengan peraturan diluar batas pikiran seakan-akan kemerdekan mulai terenggut secara perlahan-lahan.tanteku mendidik saya dengan caranya sendiri dengan harapan suatu hari kelak saya bisa mencapai cita-citaku.secara formal iya memang saya seorang mahasiswa tapi apakah lengkap dikatakan mahasiswa jika kita tidak punya organisasi sebagai wadah bagi kita untuk berproses dan melatih diri sehingga kita nantinya tidak gagap jika dihadapkan dengan banyak orang.

Alasan mengapa saya ingin menjadi guru karena profesi guru itu sangat mulia memanusiakan manusia,gaji guru memang tak seberapa dan menguras banyak tenaga dan waktu tapi menjadi guru adalah keputusan yang hebat karena tidak semua orang mau menjadi guru.menjadi guru memiliki kesan tersendiri salah satunya dimana kamu akan dikenang murid-murid walaupun mereka sudah beranjak dewasa bahkan menuju usia lanjut, tidak perlu menjadi artis supaya banyak dikenal atau bahkan jadi idola sang murid cukup jadi guru kamu akan menjadi teladan dan idola oleh murid-murid kamu disekolah.

Menjadi seorang guru memang bukanlah perkara yang cukup mudah karena dimana setiap hari kita harus dituntun memberikan contoh,memberikan motivasi kepada murid-murid disekolah,dituntut untuk tetap sabar,ikhlas walaupun terkadang ada sikap dari salah asatu murid kita yang mungkin kurang berkenan tapi sebagai guru kita harus tetap sabar dan selalu tersenyum sehingga murid kita tetap nyaman dengan kehadiran kita.dengan menjadi guru kita dapat mengetahui banyak karakter murid yang berbeda-beda mulai dari murid yang rajin,nakal,konyol yang dapat kita temui disekolah.meskipun mungkin tingkah meraka membuat terkadang membuat kita kesal dan lelah tapi nyatanya tingka meraka sangat lucu.

Namun menjadi seorang guru tidak semuanya menyenangkan pasti ada suka dukanya yang harus dilalui oleh seorang guru,bisa dibayangkan jika diri kita menjadi guru honorer yang gajinya bisa dikatakan tidak banyak dibandingkan dengan profesi lain,tapi perlu dingat guru adalah pahlawan tanpa jasa yang rezekinya bisa datang kapan saja.banyak contoh kita dapat lihat dimasyarakat banyak sekali berkah menjadi seorang guru meski gaji tak seberapa tapi hidup mereka sudah bisa dikatakan sudah berkecukupan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun