Mohon tunggu...
Rahmat Tk Sulaiman
Rahmat Tk Sulaiman Mohon Tunggu... Aktifis Sosial Keagamaan

Dari SURAU Untuk BANGSA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ketua BAZNAS Padang Pariaman Lantik UPZ Nagari Se Kec Sintoga dan Resmikan Kantor UPZ Nagari Sintuk

28 November 2020   02:42 Diperbarui: 28 November 2020   03:04 17 1 0 Mohon Tunggu...


UPZ Nagari Se Kecamatan Sintuk Toboh Gadang dilantik oleh Ketua Baznas Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk Sulaiman, MM pada hari Rabu, 4/11/2020 bertempat di kantor UPZ Nagari Sintuk. Secara bersamaan juga dilakukan peresmian kantor UPZ Nagari Sintuk. Setelah dilantik pengurus UPZ menerima pembekalan oleh pimpinan BAZNAS Padang Pariaman dalam kegiatan Bimbingan Teknis.

Hadir pada pelantikan tersebut Bupati Padamg Pariaman yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Drs. H. Anwar, M.Si. Kepala Kementerian Agama diwakili oleh Kasi Bimas Islam, Adri Ahmad, SHI, MA, Camat Sintoga, Wali Nagari Se Kecamatan Sintuk Toboh Gadang serta tokoh agama yang terdiri dari imam khatib dan Labai serta tokoh masyarakat Sintoga lainnya.

Rahmat Tk Sulaiman dalam sambutannya menyebutkan bahwa menjadi pengurus UPZ itu adalah tugas mulia yaitu menjalankan tugas agama. Mengajak masyarakat untuk berzakat ke Baznas, kemudian akan didistribusikan kepada Mustahik asnaf delapan.

Rahmat yang juga pengasuh pondok pesantren Bustanul Yaqin Pungguang Kasik Lubuk Alung itu mengutarakan bahwa masih banyak masyarakat kita yang masuk kategori Mustahik. Sedangkan potensi zakat masih sangat besar untuk membantu mereka, namun belum tergarap dan belum terhimpun dengan maksimal. Dengan sudah dilantiknya pengurus UPZ Nagari Se kecamatan Sintoga, diharapkan pengumpulan zakat di nagari lebih maksimal.

"Kami yakin dan percaya bahwa pengurus UPZ Nagari yang dilantik adalah orang yang terpilih dan terpercaya. Maka pengurus harus mempunyai komitmen dan integritas dalam menjalankan tugas memungut zakat muzaki, sehingga terbangun kepercayaan mereka untuk menyalurkan zakat melalui UPZ" ujar doktor ilmu manajemen itu penuh harap.

Ditambahkan lagi bahwa semakin banyak zakat terkumpul, akan semakin banyak pula Mustahik masyarakat penerima zakat terbantu. BAZNAS Padang Pariaman melalui 5 program strategisnya yaitu Padang Pariaman Taqwa, Pariaman Pariaman Cerdas, Padang Pariaman Sehat, Padang Pariaman Makmur dan Padang Pariaman Peduli, diharapkan bisa mengeluarkan masyarakat dari kemiskinan. Pola terintegrasi antar program tersebut bisa menjadikan Mustahik menjadi muzaki.

Ikut memberikan sambutan pada kegiatan tersebut Staf Ahli Padang Pariaman bidang  Pemerintahan yaitu Drs. H. Anwar, M.Si. Dalam sambutannya ia menyebutkan bahwa BAZNAS Padang Pariaman dibawah pimpinan Rahmat TK Sulaiman sudah banyak melakukan inovasi dan terobosan dalam pengumpulan dan pendistribusian. Banyak kegiatan yang dikemas dengan baik, sehingga BAZNAS Padang Pariaman sudah menjadi rujukan bagi beberapa BAZNAS kabupaten kota di Sumbar dan juga di Indonesia.

Meskipun masih beberapa bulan saja dilantik, BAZNAS Padang Pariaman sudah menunjukan eksistensinya di tengah-tengah masyarakat. Ia mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh BAZNAS Padang Pariaman. Sembari berharap semoga terus Istiqomah memberikan pelayanan terbaik terhadap Muzaki dan Mustahik.

"Harapan kita ke depan BAZNAS Padang Pariaman lebih maju lagi, apalagi didukung oleh UPZ Nagari yang sudah dilantik" sebutnya.
Lebih lanjut ia menyatakan bahwa pemerintah daerah selalu mendukung semua ikhtiar yang dilakukan oleh pimpinan BAZNAS Padang Pariaman. Ia berharap jumlah pengumpulan zakat di Padang Pariaman semakin meningkat, semoga perantau Padang Pariaman juga berzakat melalui BAZNAS Padang Pariaman.

Setelah pelantikan UPZ Nagari Se Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Ketua Baznas Padang Pariaman bersama staf ahli Pemda Padang Pariaman meresmikan kantor UPZ Nagari Sintuk dengan dilakukan pembukaan selubung papan nama kantor UPZ nagari Sintuk.
Acara dilanjutkan dengan penyerahan plang ke masing-masing ketua UPZ serta dengan kelengkapan ATK lainnya.

Acara juga diisi dengan peresmian kantor UPZ Nagari Sintuk dan dilanjutkan dengan pembekalan UPZ Nagari yang disampaikan oleh Wakil Ketua I, Bidang Pengumpulan, Drs. H. Masrican dan Wakil Ketua IV, Bidang ADM dan SDM, Zulherman serta Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Padang Pariaman, Adri Ahmad, SHI, MA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x