Mohon tunggu...
Rahmat Tk Sulaiman
Rahmat Tk Sulaiman Mohon Tunggu... Aktifis Sosial Keagamaan

Dari SURAU Untuk BANGSA

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

BAZNAS Padang Pariaman Ajak STIT Syekh Burhanuddin dan STKIP Nasional Bentuk UPZ

18 September 2020   08:09 Diperbarui: 18 September 2020   08:12 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BAZNAS Padang Pariaman Ajak STIT Syekh Burhanuddin dan STKIP Nasional Bentuk UPZ
foto arsip kegiatan

Untuk meningkatkan jumlah pengumpulan zakat, BAZNAS Padang Pariaman gencar melakukan sosialisasi dan silaturahmi ke berbagai instansi dan lembaga. Setelah silaturahim dengan Kapolres Padang Pariaman, polres pariaman, KPUD Padang Pariaman serta instansi lainnya, BAZNAS Padang Pariaman juga mengunjungi berbagai kampus yang berada di padang Pariaman dan pariaman. Rabu, 15/9/2020 kemaren dilakukan kunjungan silaturahim ke kampus Syekh Burhanuddin Pariaman.

Kampus milik Pemda Padang Pariaman yang berada di kota Pariaman, dimana banyak mahasiswanya berasal dari Padang Pariaman dengan kebanyakan berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu.

Hampir dari semua mahasiswanya memasukan proposal ke baznas Padang Pariaman.

Berangkat dari kondisi tersebut, BAZNAS Padang Pariaman mengajak STIT Pariaman untuk membangun kerjasama secara resmi. Sebagai kampus berlatarbelakang pendidikan Islam, dosen dan mahasiswanya dipandang mampu menjadi duta zakat.

Hal itu didasari oleh besarnya potensi zakat yang belum tergarap. Maka perlu edukasi kepada para Muzakki untuk menyalurkan zakatnya lewat BAZNAS Padang Pariaman.

Demikian disampaikan ketua BAZNAS Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk Sulaiman dalam sambutannya.

Lebih lanjut Rahmat juga mensosialisasikan mekanisme pembentukan UPZ dan tatacara kerja UPZ di hadapan 20 dosen di lingkungan STIT Syekh Burhanuddin.

"Pimpinan STIT mengusulkan calon pengurus UPZ untuk kemudian di SK kan dan dilantik oleh ketua Baznas Padang Pariaman" ujarnya menjelaskan.

Doktor Ilmu Manajemen ini menjelaskan pola kerja UPZ yang diawali dengan mengumpulkan zakat dari kalangan dosen dan karyawan STIT, kemudian disetorkan ke rekening baznas Padang Pariaman. Kemudian UPZ mengusulkan nama-nama calon penerima zakat. BAZNAS padang pariaman akan kirimkan kembali bantuan zakat untuk didistribusikan oleh UPZ. Selanjutnya UPZ juga membuatkan laporan.

Ketua STIT Syekh Burhanuddin Drs. Hasan Basri, M.Ag menyambut baik kunjungan silaturahim. Ia berkomitmen mendukung secara penuh program BAZNAS Padang Pariaman. Dalam waktu dekat ia berjanji akan mengirimkan nama-nama calon pengurus UPZ STIT Pariaman.

Ketua Yayasan Drs. Martias Mahyudin, MM mengapresiasi terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh BAZNAS Padang Pariaman. Bahkan ia menyebutkan bahwa berbagai BAZNAS Padang Pariaman sudah menjadi pembicaraan di tengah-tengah masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN