Mohon tunggu...
Rahmat Ridho Dinata
Rahmat Ridho Dinata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Radin Intan Lampung

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Embung Kampus sebagai Solusi Kedekatan Alam

12 September 2022   21:40 Diperbarui: 12 September 2022   22:26 76 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Foto: Salah satu embung di Kampus UIN Raden Intan Lampung)

Embung adalah cekungan penampungan, yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait.

Kampus UIN Raden Intan Lampung memiliki lima embung yang seluruhnya berada di dalam lingkungan kampus, Manfaat embung tersendiri berguna untuk Menyediakan air untuk mengairi tanaman pada musim kemarau, kita bisa lihat bahwa lingkungan di sekitar kampus tetap hijau,  Meningkatkan produktivitas lahan serta intensitas tanaman, Mencegah/mengurangi luapan air pada musim hujan serta menekan risiko banjir tidak hanya itu Embung yang berada di area kampus UIN RIL sendiri menjadi tempat yang nyaman untuk belajar, diskusi, maupun sekedar bersantai. 

Suatu kawasan ini diperuntukkan untuk civitas akademika,kawasan yang memproduksi sumber daya alam manusia yang memiliki kompetensi yang handal-handal.

Suasana kampus hijau UIN RIL yang bersih dan nyaman menjadi daya tarik mahasiswa yang baru masuk untuk menikmatinya. Suasana nyaman ini penting karena dapat membuat pikiran mahasiswa lebih segar, semangat belajar lebih tinggi, dan lebih mudah terinspirasi, biasanya juga mahasiswa kebanyakan mengerjakan tugas di sekitaran embung tidak hanya mengerjakan tugas tapi juga banyak UKM yang senang melakukan kumpulan atau berdiskusi di sekitaran embung.

Embung kampus sebagai solusi kedekatan yang harmonis terhadap alam. Lingkungan alami yang di anggap "menyehatkan", kebutuhan yang bersifat ekologis ini telah menjadi salah satu kebutuhan yang umum terhadap mahasiswa, dimana sudah banyak ikan di sekitaran UIN RIL dan juga banyak Mahasiswa/i ataupun pengunjung luar yang banyak memberi makan ikan itu sendiri, bahkan di sekitaran embung sudah banyak yang berjualan pakan ikan 

Keberadaan Embung ini Juga positif banyak kalangan termasuk mahasiswa/i Di sini lingkungannya yang sejuk dan rimbun, jadi banyak pilihan untuk belajar selain di dalam kelas.

Lingkungan yang hijau dan bersih serta tertata dengan rapi, pasti memberikan nuansa sejuk tersendiri, memungkinkan banyak orang untuk mengunjunginya dan bukan mahasiswa kampus saja, tapi orang luar juga pasti tertarik untuk mengunjunginya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan