Mohon tunggu...
Rahma Tria
Rahma Tria Mohon Tunggu... mahasiswa universitas aisyiyah yogyakarta

okey hallo perkenalkan saya rahma tria salah satu mahasiswa universitas di yogyakarta. hobi saya yang pertama yaitu traveling dan hobi kedua saya yaitu mageran hehehe. cita-cita saya yaitu dapat membantu orang lain yang membutuhkan amin hehehe doaain ya cita-cita saya yaitu sebagai seorang ahli physiotrapis yang berguna tentunya bagi keluarga dan masyrakat. ;)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apakah Kuliah Daring Efektif dalam Membantu Mahasiswa Memahami Materi Selama Perkuliahan?

17 Juni 2021   12:28 Diperbarui: 17 Juni 2021   12:36 36 1 0 Mohon Tunggu...

Perkuliahan daring di sebabkan karna penyebaran  kasus virus covid 19 yang mengalami peningkatan secara signifikan di tahun 2020 hingga pada saat sekarang ini. Di tambah lagi keluarnya peraturan new normal menyebabkan penyebaran kasusu covid semakin meningkat yang di sebabkan ketidak peduliannya masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Perkuliahan daring itu sendiri di mulai sejak tanggal 16 maret  2020 hingga sampai saat sekarang ini, guna menghindari adanya kerumunan dan diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)

Apakah kuliah daring di anggap efektif dalam membantu mahasiswa memahami materi selama perkuliahan ? dan apakah dampak baiknya dari sisi kuliah daring yang mereka jalani saat ini ? menurut survei yang telah  saya lakukan dari beberapa mahasiswa universitas aisyiyah Yogyakarta mereka beranggapan bahwa  kuliah daring yang mereka jalani saat ini  sangat tidak efektif untuk proses pembelajaran. Apalagi di tambah dengan para mahasiswa dari program studi kesehatan yang mengaharuskan mereka untuk belajar tatap muka di karnakan banyaknya materi yang harus di praktekkan. mau tidak mau mereka harus menjalani perkuliahan secara daring ini dan mereka sangat kesulitan memahami materi yang di berikan oleh dosen melalui media seperti zoom, google meet bahkan sampai dengan grup whatsApp. Tidak semua mahasiswa dapat memahami materi yang di berikan secara virtual tersebut karna sebagian dari kita dapat baru dapat memahami pembelajaran apabila adanya kontak langsung yang di berikan oleh dosen kemudian di terima mata, di dengar oleh telinga, dan langsung di respon oleh otak.  

Kemudian kendala dari perkuliahan daring ini diantaranya sulitnya mahasiswa untuk mengakses materi pembelajaran di karnakan tidak semua mahasiswa memiliki perangkat yang memadai seperti Hp maupun leptop. dan banyak juga di antara mereka yang kesulitan dalam mencari jaringan internet yang dimana pada masa perkuliahan daring tersebut mengharuskan mahasiswanya memiliki sambungan internet yang stabil. Kemudian apasih dampak baiknya dari perkuliahan secara daring tersebut? Dampak baiknya bagi mahasiswa pada saat perkuliahan daring yang paling pentingnya yaitu mereka masih bisa mendapatkan ilmu pengetahuan walaupun tidak begitu sempurna cara memperolehnya  tetapi para dosen juga berupaya keras untuk dapat menyampaikan materi sebaik mungkin agar dapat di pahami oleh mahasiswanya. Kemudian di sisi lain dosen maupun mahasiswajuga memiliki  lebih banyak waktu untuk bersama dengan keluarga dan para sahabat serta kerabatnya masing-masing.

Tentunya disini yang kita sama-sama kita harapkan adalah kembalinnya bumi kita yang sehat dan normal sehingga kita dapat kembali lagi ke aktifitas kita seperti biasanya yaitu kuliah tatap muka yang sangat di harapkan oleh semua mahasiswa. Apalagi bagi seorang maba yang sangat mendambakan kampus idaman mereka masing-masing.

VIDEO PILIHAN