Anak usia 4-6 tahun biasanya sudah mulai masuk sekolah atau mengikuti kegiatan pengembangan anak usia dini. Mereka mulai dikenalkan dengan berbagai konsep dasar dalam hal berhitung. Konsep yang diajarkan pada usia dini ini merupakan konsep dasar angka dan berhitung yang lebih kompleks.
Ada beberapa konsep dasar yang dapat dikembangkan untuk mengenalkan anak pada konsep berhitung, diantaranya :
- The one - one principle, Disebutkan semua satu persatu tanpa pengulangan dan berurutan. Misalnya menghitung dari satu sampai lima tanpa ada pengulangan.
- The stable - order principle, Menghitung jumlah maka urutan satu, dua, tiga dan seterusnya diucapkan dengan benar sesuai urutan.
- The cardinal Principle, Satu persatu disebut dimana guru harus mengingat dan selalu mengulang angka terakhir/ jumlah benda yang dihitung. Misal menghitung 3 buah jeruk maka harus disebut satu persatu menekankan angka 3 "satu, dua, tiga..., tiga".
- The order irrelevance principle, Benda mana yang dihitung terlebih dahulu tidaklah menjadi masalah sehingga anak tidak terpaku pada bendanya. Misalnya anak menghitung benda yang ada di ruang kelas dengan berbagai variasi warna (ada 3 benda, satu warna kuning, satu warna biru dan satu lagi berwarna hijau) maka angka satu jatuh pada warna yang disebutkan pertama, kedua ataupun warna ketiga. Dalam hal ini anak tidak tertuju pada bendanya.
Terima kasih, semoga bermanfaat
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!